Langsung ke konten utama

Sungai maroon Pacitan amazonnya Indonesia

Pacitan memiliki banyak tempat wisata yang terkenal, diantaranya banyak pantai yang menjadi tujuan destinasi wisata para wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Namun untuk kali ini kita tidak akan membahas mengenai pantainya. Kali ini kita akan membahas mengenai Sungai maroon yang disebut-sebut sebagai amazonnya indonesia. Sungai maroon merupakan destinasi wisata susur sungai yang menawarkan keindahan alam yang masih alami dengan view pohon-pohon kelapa di sisi sungai. Selain itu sungai maroon memiliki air yang jernih. Karena kejernihan airnya, maka tak jarang banyak warga yang memanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: Destinasi Wisata Telaga Sunyi Baturraden

foto by: images sources

Baca juga: Cikahuripan Lembang Green Canyonnya Bandung Barat

Sungai maroon disebut amazonnya indonesia dikarenakan sungai ini cukup lebar serta disisi sungai dikelilingi pohon-pohon yang rimbun sehingga mirip dengan sungai amazon di Brazil. Sungai maroon memiliki air yang sangat jernih dan berwarna kehijauan karena sungai ini terbilang cukup dalam dengan kedalaman hingga 20 meter. Selain itu di sungai ini banyak dijumpai ikan kakap merah, cocok banget bagi kalian yang hobi memancing.

Karena keindahan sungai maroon yang jernih dan sejuk, tak heran banyak wisatawan ingin menyusuri sungai ini. Untuk menyusuri sungai ini dapat dilakukan dengan menggunakan perahu. Persewaan perahu disediakan oleh warga bagi pengunjung yang ingin menyusuri sungai maroon.

foto by: images sources

Sungai Maroon terletak di desa darsono, Pringkulu, Pacitan, Jawa Timur. Lokasi sungai maron cukup dekat dengan pantai srau, pantai klayar maupun pantai watu karung. Untuk sampai ketempat ini apabila dari kota pacitan silahkan menuju pantai watu karung dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Setelah itu melewati jalan pedesaan untuk sampai sungai maroon. Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa petunjuk jalan untuk sampai ke sungai maroon. Apabila masih bingung dapat bertanya ke warga setempat.


foto by: images sources

Biaya retribusi masuk ke sungai maroon sangat murah yaitu hanya Rp.2.000,- saja. Sedangkan untuk biaya sewa perahu yaitu sebesar Rp.25.000,- per orangnya. Untuk kapasitas perahu berbeda-beda antara 4-6 orang ada juga yang kapasitas sampai 10 orang.

Komentar