Langsung ke konten utama

10 TUJUAN LIBURAN SEMPURNA DI AKHIR TAHUN

ReyGina Wisata | Sudahkan Anda merencanakan liburan akhir tahun bersama keluarga? Jika belum, Kami telah merekomendasikan 10 Tujuan Liburan Sempurna di Akhir tahun buat Anda dan keluarga yang kami jamin Anda pasti akan menyukainya.

TUJUAN LIBURAN SEMPURNA DI AKHIR TAHUN

Indonesia adalah negara yang sempurna untuk tujuan liburan akhir tahun bersama keluarga karena Indonesia memiliki banyak destinasi wisata menarik untuk dijelajahi seperti Pulau Bali dengan pantai-pantainya yang mempesona, Pulau Lombok dengan tiga gilinya, Raja Ampat dengan keindahan bawah lautnya, Kota Bandung dengan gaya Art Deco nya atau Kota Yogyakarta, tempat lahirnya budaya jawa kuno di Pulau Jawa.

BACA JUGA : 7 Tempat Wisata Menarik Di Kabupaten Berau

Selain itu setiap pulau besar di Indonesia memiliki satu bandar udara internasional serta transportasi darat lain seperti kereta api atau taksi dan penyewaan mobil tersedia hampir diseluruh pulau di Indonesia. Sementara di beberapa kota telah tersedia sistem tranportasi Bus Rapid Transit seperti Transjakarta di Jakarta, Trans Jogja di Yogyakarta, Trans Metro Bandung di Bandung dan lain sebagainya yang pastinya Anda akan merasa nyaman berlibur ke Indonesia.

Berikut 10 Tujuan Liburan Sempurna di Akhir Tahun yang dapat Anda kunjungi dan nikmati keindahannya bersama keluarga.

1. Bali

TUJUAN LIBURAN SEMPURNA DI AKHIR TAHUN

Di kenal sebagai Pulau Dewata, Bali merupakan salah satu Tujuan Liburan Menarik Akhir Tahun yang dapat Anda kunjungi. Bali menarik karena memiliki pemandangan alam yang menakjubkan dari gunung berapi menjulang, sawah bertingkat yang memancarkan kedamaian dan ketenangan, pantai-pantai cantik bagaikan surga serta karang-karang yang mengoda untuk dijelajahi.

Bali juga sangat mempesona dengan tariannya yang dramatis dan upacara adat yang penuh warna serta seni dan kerajinannya yang mempesona hingga resort-resort mewah dan kehidupan malam yang menarik untuk Anda jelajahi.

Pantai-pantai putih Bali tentu saja merupakan tujuan favorit untuk liburan akhir tahun bersama keluarga. Pantai Kuta, Pantai Sanur, pantai Nusa Dua, Pantai Tanjung Benoa adalah pantai-pantai favorit di Bali yang wajib untuk Anda kunjungi. Ada berbagai olahraga air yang tersedia seperti banana boat, parasailing, jet sky, pergi berenang, berselancar, diving, snorkeling atau mungkin bersantai sambil berjemur matahari.

Untuk malam yang lebih tenang, Mamprlah ke Pantai Jimbaran, tempat populer untuk menyantap seafood bakar segar. Sementara di Seminyak adalah tempat bagi banyak hotel mewah bertaraf internasional dengan akomodasinya yang megah yang bertaburan dengan tempat makan mewah. Anda juga bisa mengunjungi Nusa Dua dimana disini lebih banyak pantai pribadi di depan hotel super mewah.

Bagi Anda penikmat olahraga selancar, mampirlah ke Nusa Lembongan di dekat Nusa Penida dimana Anda bisa berselancar dengan gelombangnya yang sangat menantang atau menyeberang ke Nusa Penida dimana Anda bisa menyelam bersama Manta Ray, berenang dengan Travally sinar besar atau bahkan hiu. Pantai Atuh, Pantai Kelingking atau Pantai Broken adalah pantai-pantai yang cukup terkenal di Nusa Penida yang dapat Anda kunjungi dan nikmati keindahannya bersama keluarga.  

2. Lombok

TUJUAN LIBURAN SEMPURNA DI AKHIR TAHUN

Dengan pantai yang indah, Gunung Rinjani yang berdiri megah dan kehidupan laut yang spektakuler untuk dijelajahi, Pulau Lombok adalah salah satu tujuan liburan menarik di akhir tahun yang wajib untuk Anda dan keluarga kunjungi.

Pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini dipisahkan oleh Selat Lombok dari Pulau Bali di barat dan oleh Selat Alas di timur dengan Pulau Sumbawa ini di dominasi oleh orang Suku Sasak. Di Pulau Lombok, Anda dapat memulai pendakian besar ke Gunung Rinjani, salah satu gunung tertinggi di Indonesia yang mencapai ketinggian 3.726 mdpl dimana Anda bisa menemukan keindahan yang menakjubkan Danau Segara Anak di puncaknya.

Anda juga bisa langsung bisa menikmati keindahan pantai di antara 20 gili yang ada di sekitar Pulau Lombok (gili:pulau kecil dalam bahasa Sasak) yang tiga diantaranya merupakan tujuan wisata paling populer di Indonesia yaitu Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno.

Tujuan Liburan menarik akhir tahun di Pulau Lombok bukan itu saja, Anda juga bisa menjelajahi tempat-tempat wisata di Lombok Tengah, dimana Anda dan keluarga akan disambut dengan pantai-pantai cantik berpasir putih yang sangat menawan seperti Pantai Kuta, Pantai Tanjung A'an atau Pantai Mawun serta jangan lewatkan untuk mampir ke Pantai Selong Belanak untuk berolahraga selancar atau berjalan ke Merese Hill untuk menikmati pemandangannya yang menakjubkan.

Selain itu, di Pulau Lombok Anda juga bisa mengunjungi desa-desa tradisional dan bergabung dengan penduduk setempat Suku Sasak untuk menjalani kehidupan sehari-hari di Desa Tenun Sade atau Desa Rambitan. Disini Anda dapat mempelajari satu atau dua hal dari wanita cantik dengan ketrampilan menenun yang menghasilkan tekstil berkualitas terbaik. 

3. Raja Ampat




TUJUAN LIBURAN SEMPURNA DI AKHIR TAHUN

Jauh dari gedung pencakar langit, lalu lintas yang padat, suara-suara yang menyebalkan yang tak ada habis-habisnya dan semua gangguan dari kota-kota modern lainnya, Anda masih bisa menemukan surga yang alami dan orang-orang yang ramah yang akan menyambut Anda dengan semua keajaiban luar biasa di Raja Ampat, Kabupaten kepulauan yang terletak di Papua Barat, Indonesia.

BACA JUGA : 5 Liburan Keluarga Menyenangkan di Pantai Pangandaran

Di sini Anda akan disambut dengan semua keajaiban yang spektakuler di atas dan luar perairannya.Ini merupakan tempat dimana kata indah, mempesona dan megah mendapatkan makna fisik yang sebenarnya.

Untuk penggemar bawah laut, Raja Ampat menawarkan beberapa pengalaman terbaik di dunia. Wilayah di dalam kepulauan Empat Raja sangat besar, meliputi 9,8 juta hektar daratan dan laut, rumah bagi 540 jenis karang dan lebih dari 1.000 jenis ikan karang serta 700 jenis moluska. Hal ini menjadikan Raja Empat sebagai tempat perpustakaan hidup yang paling beragam untuk terumbu karang dunia dan biota bawah laut. 

Bagi Anda penggemar bawah laut, disini Anda bisa memulai menyelam bersama dengan kuda laut pigmy atau dengan Manta Ray dan wobbegong yang tiba-tiba meluncur tepat disisi Anda. Selain itu Anda juga bisa dengan mudah menemukan ikan Tuna, trevallies raksasa, snappers, batfishm dan bahkan barakuda yang mungkin belum pernah Anda melihatnya. Jika Anda lebih turun ke dasar laut, karang laut raksasa berukuran lebih dari satu meter benar-benar menawarkan sensasi yang tak mudah untuk Anda lupakan.

Selain dapat menjalajahi bawah laut Raja Ampat yang sangat menakjubkan, Anda juga bisa menyaksikan pulau-pulau karang di tengah-tengah air biru jernih. Mampirlah ke Piaynemo yang menawarkan pemandangan paling spektakuler di muka bumi yang tampak seperti ibu alam melukis dengan karya terbaiknya yang menawarkan sekilas surga sesungguhnya.

Sementara satwa liar tidak berhenti hanya di bawah permukaan air saja, di tengah banyaknya hutan lebat, Anda masih bisa menemukan berbagai jenis burung langka seperti burung Cendrawasih yang spektakuler.   

4. Bandung

TUJUAN LIBURAN SEMPURNA DI AKHIR TAHUN

Kota Bandung yang terletak di Provinsi Jawa Barat hanya berjarak 2,5 jam dari Kota Jakarta melalui jalan tol. Bandung merupakan tujuan liburan menarik di akhir tahun bagi banyak warga Jakarta dan sekitarnya. Selain itu menjelang liburan panjang akhir tahun, Bandung juga menjadi tujuan favorit bagi warga Jepang, Malaysia dan Singapura. Mereka datang ke Bandung untuk berbelanja, merasakan makanannya yang luar biasa serta menikmati panorama alamnya yang indah dan sejuk yang menawarkan berbagai macam atraksi dan hiburan bagi seluruh keluarga. Bandung juga merupakan surga bagi para instragammer.

Selain memiliki panorama alam yang indah, Bandung yang dijuluki sebagai "Paris van Java" yang elegan memiliki beberapa bangunan Art Deco milik peninggalan kolonial Belanda. Restoran-restoran bergaya Belanda yang masih menyajikan steak daging sapi Belanda yang asli dan bitterballen Belanda. 

Rayakan liburan menarik akhir tahun di bandung dengan menuju tempat-tempat selfie yang unik dengan bukit-bukitnya yang dramatis seperti Tebing Keraton, Puncak Bukit Moko, Eurad Highland Lembang yang sejuk atau mengunjungi Stone Garden Citatah. Untuk atraksi khusus dengan fitur-fitur yang khusus pula, saat di Lembang, mampirlah ke Farm House dimana Anda bisa menemukan desa-desa hobbit dan kota-kota Inggris, Victoria. Sementara di De Ranch Rembang, Anda bisa berselfi dengan lingkungan bergaya koboy. 

Kunjungi Kelinci juga yang mendedikasikan dirinya sebagai objek wisata selfie yang menawarkan berbagai tempat selfie yang bisa Anda kirimkan ke teman melalui Instagram atau Youtube atau Anda juga dapat singgah ke Bandungs Amazing Art World dimana Anda bisa mengambil ratusan foto unik dengan efek 3D atau sampai hingga Dunia Terbalik.

Pengalaman Anda berlibur di akhir tahun di kota Bandung pasti akan bertahan untuk waktu yang cukup lama.    

5. Yogyakarta

TUJUAN LIBURAN SEMPURNA DI AKHIR TAHUN

Yogyakarta adalah tempat yang tepat sebagai tujuan berlibur yang sempurna di akhir tahun bagi Anda dan keluarga. Kota ini adalah tempat lahirnya peradaban jawa kuno di Pulau Jawa. Di kota ini terdapat peninggalan sejarah Candi Borobudur dan Candi Prambanan yang megah yang dibangun pada abad ke-8 dan ke-9 dan Kerajaan Mataram Baru yang kuat pada abad ke-16 dan ke-17. Karena daya tariknya yang tiada habisnya, Yogyakarta dikenal dengan julukan "Jogja the Never ending Asia" yang pada saat ini lebih dikenal sebagai kota yang istimewa, sebuah tagline yang menguraikan nilai-nilai khususnya.
Kota Yogyakarta adalah salah satu pusat budaya paling populer di Indonesia. Dari berjalan-jalan di museum hidup Keraton Yogyakarta atau nongkrong di Jalan Mariboro yang terkenal atau menyaksikan para pengrajin perak memproduksi perhiasan perak yang menakjubkan di Kota Gede.

Mengejar matahari terbit di Candi Prambanan atau Candi Borobudur di kota tetangga Magelang hanyalah beberapa kegiatan yang tidak akan pernah bosan Anda lakukan saat liburan akhir tahun di Kota Yogyakarta.   

6. Jakarta

TUJUAN LIBURAN SEMPURNA DI AKHIR TAHUN

Jakarta adalah ibukota Republik Indonesia yang terletak di barat laut Pulau Jawa. Di Jakarta Anda dapat menemukan beberapa landmark ikonik kota ini seperti Monas, Istana Merdeka, Museum Nasional, Masjid Istiqlal, Gedung Katedral atau Monumen Selamat Datang di Bundaran yang ada di Bundaran HI. Di kota ini Anda bisa melakukan liburan penuh kegembiraan selama 24 jam di pusat-pusat perbelanjaan paling bergengsi, hotel-hotel mewah atau ke tempat-tempat hiburan malam. 

Berkunjunglah ke Jakarta Utara dimana Anda dapat menemukan kegembiraan bersama keluarga di Taman Impian Jaya Ancol yang menawarkan banyak hiburan seperti Taman Hiburan Dufan, Seaworld, Atlantis Water Adventure Park, Ecopark, Pasar Seni dengan pilihan akomodasi yang nyaman dengan tujuan kuliner yang sangat lengkap.

Dari Ancol Bay, Anda bisa menyewa speedboat atau perahu motor menuju pulau-pulau tropis yang cantik mempesona di Kepulauan Seribu. Di sini adala lebih dari 10 pulau dapat Anda jelajahi, Beberapa yang paling terkenal adalah Pulau Bidadari, Pulau Tidung, Pulau Pari dan Pulau Macan yang menyajikan banyak pondok pribadi dimana Anda bisa terjun langsung dari tempat tidur ke laut terbuka.

Pastikan juga bahwa Anda bisa mampir ke Museum Fatahillah dan sekitar Kota Tua untuk melihat aneka Arc Deco peninggalan kolonial Belanda atau menuju Taman Mini Indonesia Indah yang berada di timur Jakarta untuk menjelajahi detail rumah tradisional dan sekilas budaya Indonesia yang sangat beragam.

Dan untuk mengenal lebih dekat kota Jakarta, Mampirlah ke Situ Babakan yang terletak di selatan Jakarta. Di sini Anda akan disuguhkan dengan aneka budaya Betawi, kelompok etnis asli Jakarta. Disini Anda akan diajak untuk mengenal lebih jauh lagi tentang budaya betawi. makanan dan minuman khas Betawi atau berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan yang banyak menyajikan hewan-hewan langka Indonesia.  

7. Medan

TUJUAN LIBURAN SEMPURNA DI AKHIR TAHUN

Kota Medan dikenal memiliki tempat-tempat kuliner yang lezat, nikmat dan kaya rasa. Bolu Meranti dan Bika Ambon Zulayka adalah salah satu makanan ringan paling terkenal di kota ini yang wajib untuk Anda cicipi. Walaupun Medan merupakan salah satu kota tersibuk di Indonesia, Namun Anda wajib memasukan kota Medan sebagai salah satu Tujuan Liburan Akhir Tahun Anda.

Di sini Anda bisa mengunjungi Istana Maimun untuk menyaksikan sekilas warisan kerajaan atau singgahlah ke dataran yang lebih tinggi untuk menenangkan diri menuju Danau Toba dengan Pulau Samosirnya. Atau Anda juga bisa mengunjungi Berastagi yang terkenal dengan buah dan bunga yang melimpah. Rasakan buah durian atau markisa manis yang banyak tersedia dalam botol sirup untuk dicampur sebagai minuman. Kunjungi pasar lokal dan berbelanja berbagai jenis produk lokal yang masih segar. Temukan jalan Anda menuju air terjun dan mata air panas yang menakjubkan untuk melepas lelah.   

8. Labuan Bajo


TUJUAN LIBURAN SEMPURNA DI AKHIR TAHUN

Labuan Bajo adalah pintu gerbang menuju tempat-tempat wisata menarik di Nusa Tenggara Timur termasuk ke Taman Nasional Komodo, tempat habitat asli terakhir Kadal Raksasa Komodo  yang tersisa dari dunia prasejarah ini dan hanya berjarak sekitar 4 jam dari Labuan Bajo.

BACA JUGA : 20 Scuba Diving Terbaik Indonesia

Selain dapat menemukan hewan langka Komodo, Disini, Anda juga dapat menemukan Taman Nasional surga bawah laut yang mempesona, taman bermain para manta dan penyu besar. Pulau terpencil dengan hamparan pasir berwarna putih dan pantai pink yang langka ini nerupakan tujuan liburan sempurna di akhir tahun buat Anda dan keluarga.

Selain dapat mengunjungi Labuan Bajo dengan Taman Nasional Komodo_nya, Anda juga bisa mengunjungi Pulau Sumbawa. Pulau ini terkenal karena ombaknya, pantai berpasir putih dan alamnya yang liar. Dengan selancar yang luar biasa dan terumbu karang yang spektakuler serta banyak acara ritual budaya yang masih dilakukan di daerah ini menjadikan pengalaman mengesankan saat liburan akhir tahun Anda bersama keluarga.

9. Banyuwangi

TUJUAN LIBURAN SEMPURNA DI AKHIR TAHUN

Banyuwangi yang secara harafiah berarti "Air Wangi" yang dikaitkan dengan legenda lokal adalah kota paling timur di Pulau Jawa, Tempat fajar pertama terbit pada pagi hari dengan melemparkan sinar penyambutannya di atas Pulau Jawa. Disini Anda dapat belibur di akhir tahun dengan menjelajahi pantai-pantai nan cantik yang disapu oleh gelombang Samudra Hindia hingga mendaki Gunung Riung yang mengesankan dengan ketinggian 3.282 mdpl.

Kota Banyuwangi adalah pintu gerbang menuju penjelajahan Anda untuk menyaksikan hewan-hewan liar yang berkeliaran bebas di cagar alam Alas Purwo, cagar alam tertua di Indonesia atau pergi menjelajahi padang rumput di Baluran atau menemukan pantai terpencil yang belum banyak tersentuh di Pulau Merah. Mampirlah ke Pantai Sukamade untuk melihat penyu langka menetaskan telurnya disana.

Bagi Anda pecinta alam, Singgahlah ke Kawah Ijen yang menakjubkan yang akan membuat Anda terkagum-kagum dengan denomena alam Blue Fire yang muncul dari batu-batu belerang kuning.

10. Pulau Bintan


TUJUAN LIBURAN SEMPURNA DI AKHIR TAHUN

Bintan adalah pulau terbesar di Provinsi Kepulauan Riau yang menawarkan tujuan liburan sempurna di akhir tahun dengan resort kelas atas, golf kelas dunia dengan suasana pantai yang menyegarkan. Berjarak hanya dengan menggunakan kapal feri dari Singapura atau Johor Bahru di Malaysia, Pulau Bintan wajib Anda kunjungi dan nikmati keindahannya bersama keluarga saat liburan akhir tahun tiba.

BACA JUGA : Menjelajahi Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang Eksotis

Adalah Tanjung Pinang di pantai barat selatan pulau adalah ibukota Provinsi Kepulauan Riau. Selain sebagai pusat pemerintahan, Tanjung Pinang juga banyak menampilkan sejumlah situs warisan sejarah seperti Senggarang, desa unik diatas panggung dan sebuah kuil Buddha yang besar yang berada di dekat bandara yang dikenal sebagai kuil Maritria atau Vihara Avalokitesvara. Sementara tepat di lepas pantai kota, Pulau Penyengat yang dulunya merupakan tempat kerajaan Johor-Riau yang pada abad ke-19 menjadi ibukota budaya dunia Melayu dapat Anda kunjungi. Di sini Anda juga dapat menemukan makam keluarga kerajaan, benteng dan Masjid Agung Raya Sungai Riau Penyengat yang berdiri megah dengan arsitektur yang sangat indah.

Sementara tempat wisata utama di Pulau Bintan adalah Bintan Resort. Tujuan Liburan Sempurna Akhir tahun ini berada di bagian utara pulau seluas 23.000 hektar di sepanjang pantai berpasir putih dengan hamparan panorama indah yang menghadap Laut Cina Selatan. Disini setidaknya terdapat sepuluh resort pantai yang mandiri, empat lapangan golf dan berbagai fasilitas rekreasi dan atraksi yang berada di dalam Bintan Resort 

Selain itu di tempat ini juga terdapat laguna buatan yang besar di Lagoi yang dikelilingi oleh hotel berbintang empat dan hotel mewah lainnya seperti Bintan Lagoon Resort, Lagoi Bay Villas, Angsana Bintan, The Canopi, Banyan Tree Bintans, Ria Gof Lodge, Nirwana Gardens dan lain sebagainya yang pastinya liburan akhir tahun Anda di Pulau Bintan akan terkenag terus sepanjang hidup Anda. 

Komentar