Langsung ke konten utama

Pesona Air terjun Luweng Sampang Gunung Kidul

Wisata alam memang masih menjadi primadona destinasi wisata di kalangan para wisatawan. Destinasi wisata alam yang banyak dinikmati salah satunya yaitu destinasi wisata Air Terjun. Untuk kali ini kita akan membahas mengenai air terjun yang ada di Gunung Kidul. Air terjun ini bernama Air terjun Luweng Sampang. Asal nama Luweng sampang ini dari kata Luweng dan Sampang. Luweng berarti Lubang, sedangkan Sampang merupakan lokasi tempat air terjun ini berada.

 Baca juga: Weekacura waterfall Sumba Barat

Foto by: images sources

Baca juga: Wisata Air Terjun Danggang Sapaya Gowa Sulawesi Selatan

Destinasi wisata Air terjun luweng sampang ini menyuguhkan air terjun dengan air yang berwarna biru serta tebing batu-batuan cadas yang berwarna putih sehingga terlihat kontras. Bebatuan air terjun luweng sampang yang terkena erosi air sehingga membentuk garis-garis merupakan daya tarik tersendiri dari air terjun ini. Di lokasi air terjun ini terbagi menjadi 2 kolam yaitu kolam pertama yang sedikit lebih sempit dan terhimpit batu serta kolam kedua yang agak luas berada dibawahnya.

Foto by: images sources

Baca juga: Air terjun waimarang waingapu yang keren dan jernih

Air terjun Luweng sampang berada di Desa Sampang, Gedang Sari, Gunung Kidul. Akses untuk menuju tempat ini terbilang cukup mudah. Bagi yang berangkat dari arah pusat kota Jogja, tinggal meluncur ke Jl Solo menuju pertigaan ke Gantiwarno. Jarak yang harus ditempuh untuk menuju ke lokasi ini kurang lebih sekitar 30 km. Selain dari arah pusat kota Jogja, kita juga bisa datang ke lokasi ini dari arah Klaten. Hal ini karena lokasi dari air terjun ini sendiri tepat berada di perbatasan Klaten dan Jogja.

Foto by: images sources

foto by: images sources

Baca juga: Pesona Air Terjun Cikaso Sukabumi 

Fasilitas yang disediakan di tempat ini untuk saat ini belum ada lantaran belum ada pihak yang mengelola, pengunjung sama sekali tidak ditarik tiket untuk masuk ke sini. Fasilitas di sekitar air terjun juga belum tersedia, sehingga pengunjung sebaiknya membawa perbekalan sendiri. Bagimana tertarik untuk mencoba air terjun yang satu ini?

Komentar