Langsung ke konten utama

10 CINDERAMATA PALING BANYAK DICARI WISATAWAN

ReyGina Wisata | Cinderamata adalah sesuatu yang dibawa pulang oleh wisatawan kerumahnya saat belibur mengunjungi tempat-tempat wisata sebagai barang kenangan yang terkait dengan tempat yang dikunjungi. 

Di beberapa daerah di Indonesia, Selain memiliki tempat wisata menarik dan indah untuk dikunjungi, juga memiliki ciri khas tertentu berupa cinderamata, pernik-pernik atau ikon daerah tersebut. Dan benda-benda khas dari suatu daerah biasanya banyak diburu oleh wisatawan saat mengunjunginya seperti Kopiah Maekeutop saat mengunjungi Kota Banda Aceh, Lukisan Kamasan, saat mengunjungi daerah Klungkung, Bali, Payung Geulis saat mengunjungi kota Tasikmalaya, Lukisan Kulit Kayu, saat menyaksikan Festival Danau Sentani di Papua dan lain sebagainya.


Nah dibawah ini Kami rekomendasikan 10 Cinderamata Paling Banyak Dicari Wisatawan saat berlibur ke daerah tertentu di Indonesia menurut Anuderah Pesona Indonesia.

1. Kopiah Maekeutop - Kota Banda Aceh

 CINDERAMATA PALING BANYAK DICARI WISATAWAN

Berkunjung ke kota Banda Aceh tidaklah lengkap tanpa membeli barang cindermata untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan. Salah satu cinderamata yang paling banyak dicari wisatawan di kota Banda Aceh adalah Kopiah Maekeutop yang sering digunakan oleh Pahlawan Nasional Indonesia asal Aceh, Teuku Umar.

Kopiah Maekeutop adalah kerajinan khas Kabupaten Aceh Barat yang juga merupakan topi tradisional Aceh yang juga disebut Topi Teuku Umar, salah satu pahlawan nasional Indonesia dari Aceh yang sering mengenakan topi ini. Kopiah yang terbuat dari kain songket Aceh dengan pernak-pernik khas Aceh lainnya ini banyak diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Aceh sebagai cindermata untuk dibawa pulang.


2. Lukisan Kamasan - Kabupaten Klungkung

CINDERAMATA PALING BANYAK DICARI WISATAWAN

Kabupaten Klungkung menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Bali yang banyak dikunjungi oleh wisatawan seperti Monumen Puputan, Taman Nusa, Air Terjun Tibumana, Bukit Belong, Pura Gua Lawah dan lain sebagainya.

Selain kaya akan keindahan alamnya, Desa Klungkung juga menjadi satu-satunya penghasil seni lukis wayang klasik tradisional Bali yang sampai saat ini masih berkembang dan dicari oleh banyak wisatawan saat berkunjung ke Pulau Bali.

Dalam deretan panjang seni lukis di Bali, hasil karya lukisan di desa ini dikenal dengan seni lukis klasik gaya Kamasan yang mempunyai ciri khas tersendiri sehingga buat Anda yang mencintai seni lukis Bali bisa mampir ke Desa Kamasan, Kabupaten Klungkung untuk mendapatkan lukisan kamasan sebagai cinderamata.

3. Lukisan Kulit Kayu - Kabupaten Jayapura

CINDERAMATA PALING BANYAK DICARI WISATAWAN

Festival Danau Sentani adalah salah satu event wisata paling populer di Papua. Event yang diselenggarakan di Danau Sentani, Kabupaten Sentani, Provinsi Papua ini banyak dikunjungi oleh wisatawan nusantara hingga wisatawan mancanegara. Nah selain dapat menyaksikan Festival Danau Sentani dengan keindahan alamnya, Mampirlah ke Desa Asei dengan menggunakan perahu kayu ke arah Sentani Timur. 

Baca Juga : Bingka Bakar, Makanan Eksotis Dari Batam

Desa Asei di Kabupaten Sentani ini terkenal dengan lukisan kulit kayu yang unik. Tak hanya turis lokal, Turis mancanegarapun banyak yang memburu cinderamata khas Papua ini. Berbagai lukisan kulit kayu dijajakan di pingir-pinggir jalan kampung. Momen Festival Danau Sentani banyak dimanfaatkan warga Desa Asei untuk menjual produk andalan mereka sebagai cinderamata untuk dibawa pulang.
4. Payung Geulis - Kota Tasikmalaya

CINDERAMATA PALING BANYAK DICARI WISATAWAN

Tasikmalaya adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Barat yang memiliki beberapa tempat wisata menarik untuk Anda kunjungi. Disini Anda dapat menikmati keindahan Kampung Naga dengan rumah-rumahnya yang dibuat seragam, Gunung Galunggung dengan keindahanya yang mempesona, Pantai Cipatujah dengan hamparan pasir putihnya yang bersih dan masih banyak tempat wisata lainnya yang pastinya akan membuat Anda nyaman berlibur ke kota ini.

Selain dianugerahi dengan alamnya yang indah mempesona, Tasikmalaya juga terkenal dengan para pengrajinnya. Salah satu kerajinan tangan paling populer dari Tasikmalaya adalah Payung Geulis yang terbuat dari bambu/kayu dan kertas. Payung cantik ini memiliki nilai estetis sekaligus sebagai alat pelindung dari hujan dan panas.

Mampirlah ke Desa Panyingkiran, Indihiyang, Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat untuk mendapatkan cinderamata paling populer di Tasikmalaya ini sebagai kenang-kenangan atau hiasan di rumah Anda. 

Baca Juga : Berburu Cahaya Surga di Gua Jomblang, Jogjakarta

5. Bambu Munthuk - Kabupaten Bantul

CINDERAMATA PALING BANYAK DICARI WISATAWAN

Saat Anda berkunjung objek wisata hutan pinus Imogiri atau ke Air Terjun Banyunibo, Yogyakarta, Mampirlah ke Desa Munthuk sebelah timur Kabupaten Bantul. Desa ini terkenal dengan kerajinan Bambu Munthuk yang merupakan salah satu industri kreatif dari Yogyakarta yang memiliki nilai seni dan budaya yang tinggi.. Jadi tidaklah lengkap jika Anda berkunjung ke Yogyakarta tidak mendapatkan salah satu Cinderamata paling Populer di Indonesia yang banyak dicari oleh wisatawan.

6. Songkok - Provinsi Gorontalo

CINDERAMATA PALING BANYAK DICARI WISATAWAN

Gorontalo adalah salah satu provinsi paling indah di Indonesia yang berada di Pulau Sulawesi. Panorama pegunungan Gorontalo sangat menakjubkan dimana gunung-gunung dan hutannya merupakan rumah bagi beberapa hewan langka berada seperti Tarsius, Anoa, Burung Maleo Senkawor dan juga babi rusa. Selain itu, Gorontalo juga dianugerahi dengan tempat wisata menarik untuk dikunjungi dan dinikmati keindahanya, seperti Pulau Cinta yang terletak di Kabupaten Boalemo, Pulau Saronde yang terkenal dengan pantai pasir putihnya, Taman Laut Olele di Kabupaten Bone Bolange dan lain sebagainya.

Baca Juga : 5 Restoran Paling Romantis di Pulau Bali

Selain dapat mengunjungi tempat-tempat indah di Gorontalo, Tidaklah lengkap tanpa membeli cinderamata kota ini. Kota ini memiliki cinderamata khas yaitu Songkok Gorontalo atau Upiya Karanji. Songkok di sini memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan songkok di kota-kota lainnya di Indonesia. Songkok Gorontalo terbuat dari anyaman akar Pohon Mintu (sejenis rotan) yang konon hanya terdapat di pedalaman Hutan Gorontalo.

7. Tanjak - Provinsi Riau

CINDERAMATA PALING BANYAK DICARI WISATAWAN

Berkunjung ke Provinsi Riau tidaklah lengkap tanpa membeli cinderamata khas Riau. Disini Anda dapat membeli cinderamata khas Riau berupa Tanjak, yang merupakan tutup kepala khas Melayu Riau yang oleh orang Riau dianggap sebagai lambang kewibawaan. Semakin tinggi dan kompleks bentuknya semakin tinggi pula satus sosial pemakainya.

Nah buat Anda yang sedang berlibur ke Provinsi Riau, Tidak ada salahnya untuk membeli Tanjak sebagai barang cinderamata atau kenang-kenangan untuk dibawa pulang sebagai hiasan ruangan atau oleh-oleh untuk diberikan kepada keluarga atau kerabat.  

8. Tapis - Kabupaten Pesawaran

CINDERAMATA PALING BANYAK DICARI WISATAWAN

Saat berlibur ke kota Lampung, Mampirlah ke Desa Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Desa ini merupakan pusat pengrajin kain tenun Tapis yang sudah sangat terkenal di Indonesia. 

Seperti diketahui bahwa Kain Tenun Tapis merupakan kain tradisional khas Lampung yang dibuat dengan menggunakan benang kapas dengan berbagai motif yang disulam menggunakan benang emas atau perak. Karya busana yang menawan ini dapat digunakan dalam setiap kesempatan. Dengan bentuk dan motifnya yang unik dan indah, Produk Tapis Lampung telah berhasil menembus pasar mancanegara.dan bahkan beberapa wisatawan dari Belanda dan Australia secara khusus datang ke Negeri Katon hanya untuk melihat proses pembuatan Kain Tenun Tapis Lampung.

9. Tenun Ulap Doyo - Kabupaten Kutai Kartanegara

CINDERAMATA PALING BANYAK DICARI WISATAWAN

Tenun Ulap Doyo adalah salah satu Cinderamata Paling Banyak Dicari Wisatawan saat berkunjung ke Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Selain memiliki bentuk yang unik, kain tenun ini merupakan salah satu identitas Suku Dayak Benuaq yang merupakan warisan turun temurun yang tak ternilai harganya.

Anda bisa membeli Kain Tenun Ulap Doyo dengan berbagai motif, dari mulai flora dan fauna yang hidup ditepian Sungai Mahakam hingga motif peperangan antara manusia dengan naga sebagai cinderamata buat Anda pajang dirumah. 

10. Uleng Dayak Kenya - Kabupaten Malinau  

CINDERAMATA PALING BANYAK DICARI WISATAWAN

Kabupaten Malinau adalah sebuah wilayah kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia. Wilayah ini terkenal dengan Taman Nasional Kayan, Desa Wisata Setulang dan lain sebagainya. Kabupaten Malinau juga terkenal dengan pakaian adat Uleng Dayak Kenya dan cinderamata ini paling banyak dicari wisatawan saat berkunjung ke Taman Nasional Kayan, Kabupaten Maninjau, Provinsi Kalimantan Utara. 

Baca Juga : Menikmati Keindahan Alam Gorontalo Yang Eksotis

Cinderamata Pakaian adat Suku Dayak ini memiliki jenis nama yang berbeda. Pakaian adat yang dikenakan oleh pria diberi nama sapae sapaq sementara untuk wanita dinamakan ta'a. Seorang wanita yang mengenakan pakaian adat ini biasanya dihiasi dengan uleng atau hiasan-hiasan kalung manik yang panjangnya hingga mencapai dada.


Komentar