Langsung ke konten utama

Kemegahan Situs Warungboto destinasi wisata baru di Yogyakarta

Yogyakarta, atau yang sering disebut dengan Jogja. Siapa yang tak kenal dengan kota jogja dengan segala peninggalan sejarah jaman kerajaan. Kali ini kita akan membahas mengenai situs peninggalan jaman kerajaan yang bernama Situs warungboto. Situs warungboto merupakan tempat peristirahatan keluarga kerajaan serta tempat pemandian / umbul. Dahulunya situs ini bernama Pesanggrahan Rejowinangun pada masa sultan Hamengkubuwono I kemudian diteruskan oleh Sultan Hamengkubuwono II.




Sebelum di renovasi, situs ini sangatlah tidak terawat. Tempat ini hanya berupa puing-puing reruntuhan bangunan pada masa lampau. Setelah itu tempat ini direnovasi oleh balai pelestarian cagar budaya DIY agar tampak indah dan memiliki daya tarik wisatawan sehingga menambah obyek wisata cagar budaya Yogyakarta.

Foto by: images sources

Foto by: images sources


Situs warungboto terletak di jalan veteran, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta. Untuk akses menuju tempat ini terbilang mudah. Bisa cek maps untuk sampai ke tempat ini. Tempat ini juga berdekatan dengan Wisata De mata Jogja yang berlokasi di XT Square. Apabila dari pusat kota Jogja hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja.

Komentar