Langsung ke konten utama

Wisata Alam Posong Temanggung, Negeri diatas Awan

Temanggung, merupakan kabupaten yang berada di dataran tinggi. Udara yang sejuk merupakan khas pegunungan yang berada di dataran tinggi sehingga memiliki panorama alam menakjubkan. Selain itu letak Temanggung diapit oleh dua gunung beken seperti gunung Sindoro dan gunung Sumbing. Wisata alam posong merupakan salah satu spot untuk melihat pemandangan alam yang indah dengan view kedua gunung tersebut.


Foto by: images sources

Baca juga: Pesona Gunung Bagus Paliyan Gunung kidul yang sedang viral

Wisata alam Posong menawarkan paket wisata untuk berkemah. Hal ini dikarenakan pemandangan yang menjadi ciri khas Posong adalah saat sunrise. Selain pemandangan golden sunrise, destinasi wisata ini juga menawarkan keindahan pemandangan bintang pada saat malam hari bagi para penikmat atau pemburu Milky way. Untuk dapat melakukan kemah di tempat ini dapat menghubungi pengelola setempat. Disarankan apabila ingin wisata ke tempat ini agar tidak kecewa, kalian bisa datang sebelum pukul 11.00 WIB atau setelah pukul 14.00 WIB, selain itu pastinya jangan datang waktu musim hujan. Agar kalian dapat melihat pemandangan tujuh gunung yang terlihat dari atas Posong. 

Foto by: images sources

Baca juga: Wisata Alam Bakukung Cianten Bogor nan Sejuk

Fasilitas yang ada di Wisata Alam Posong

Untuk fasilitas yang tersedia di tempat ini terbilang sudah cukup. Pengelola wisata telah menyediakan beberapa gazebo untuk pengunjung yang ingin bersantai, selain itu ada juga wahana menarik seperti flying fox juga ada di area sekitar wisata. Disini juga telah disediakan kamar mandi umum secara gratis.

Lokasi dan Akses menuju Wisata Alam Posong

Untuk lokasi destinasi wisata ini berada di Desa Tlahap, Kledung, Temanggung, Jawa Tengah. Lokasi ini merupakan perbatasan wilayah antara Wonosobo dan Temanggung. Lokasi ini berada di ketinggian 2.000 mdpl sehingga berada di lokasi ini anda dapat menikmati udara yang sejuk dan segar. Uktuk akses menuju ke tempat ini bisa ditempuh dari beberapa wilayah. Jika dari arah Semarang, bisa mengambil jalur Pantura Semarang-Yogya melewati Bawen, Ambarawa dan terakhir berada di perempatan Secang. Setelah itu, beloklah ke kanan terus jalan hingga alun-alun Temanggung. Jika dari arah Yogyakarta, ambil jalur Pantura Yogya-Semarang, melewati Magelang dan terakhir perempatan Secang, belok kiri, ikuti jalan hingga bertemu alun-alun Temanggung. Dari Alun-alun Temanggung, ambil arah ke Wonosobo melewati Pasar Parakan, selanjutnya lurus saja hingga Kecamatan Kledung.  Dari kecamatan Kledung selanjutnya melewati jembatan kembar dan jembatan berbelok kanan pas di tanjakan dan fokus cari gapura kecil bertuliskan Posong di kanan jalan. 

Foto by: images sources


Retribusi Masuk Wisata Alam Posong

Untuk biaya retribusi masuk destinasi wisata alam ini terbilang sangat terjangkau. Untuk harga tiket masuk Posong hanya dikenakan tarif sebesar Rp. 4.000,- saja. Untuk jam operasional buka dari jam 04.00 WIB sampai jam 17.00 WIB.

Komentar