Langsung ke konten utama

5 KULINER KHAS LOMBOK YANG WAJIB KAMU COBA

ReyGinaWisata | Menjelajahi Pulau Lombok dengan keindahan alamnya yang begitu mempesona dan menakjubkan tidaklah lengkap tanpa mencicipi kuliner khas Lombok yang begitu mengunggah selera. Ayam Taliwang, Plecing Kangkung dan lain sebagainya wajib untuk kamu coba yang berlibur ke Pulau Lombok.

Berikut 5 Kuliner Lombok yang wajib kamu coba saat menjelajahi Pulau Lombok yang indah mempesona.

1. Ayam Taliwang

KULINER KHAS LOMBOK YANG WAJIB KAMU COBA

Kuranglah lengkap rasanya saat berkunjung ke Pulau Lombok tanpa merasakan kenikmatan Ayam Taliwang yang sudah sangat populer di Lombok. Selain rasa ayamnya yang empuk dan gurih, hidangan yang satu ini terbuat dari yam kampung muda yang dibalut dengan bunbu tebal kemerahan dengan aroma cabai pedas yang memanjakan lidah, Ayam Taliwang akan terasa sempurna jika disandingkan dengan nasi hangat, lalapan dan sambal guruh khas Lombok. Sajian ayam dengan rasa pedas ini menjadikan ayam taliwang kuliner favorit bagi banyak wisatawan yang saat berkunjung ke Pulau Lombok.


2. Plecing Kangkung

KULINER KHAS LOMBOK YANG WAJIB KAMU COBA

Sesuai dengan namanya, Kuliner khas Lombok, Plecing Kangkung terbuat dari kankung segar yang ditumis bersama dengan bumbu-bumbu sederhana khas Lombok yang dibuat dari cabai rawit, garam, to,at dan terasi. Kuliner Lombok yang satu ini wajib kamu coba karena selain rasanya yang enak juga sangat menyehatkan dan dapat membantu kesuburan wanita. 

Untuk mendapatkan rasa yang lebih sempurna, menambahkan touge rebus dan taburan kacang goreng akan membuat Plecing Kankung semakin nikmat. Yang lebih menarik kangkung khas Lombok memiliki tekstur yang lembut dan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kangkung-kangkung yang ada di daerah lainnya. Di sajikan dengan nasi hangat, sayuran pedas ini akan membuat kamu ketagihan untuk terus mencicipinya.

3. Nasi Balap Puyung

KULINER KHAS LOMBOK YANG WAJIB KAMU COBA

Nasi Balap Puyung merupakan sajian kuliner Lombok yang sangat sederhana namun sangat nikmat saat disantap. Kuliner yang terdiri dari setungkup nasi putih dengan topping ayam suwir ini yang kemudian dipadukan dengan irisan cabai, kacang kedelai goreng, taburan rebon kering, abon dan belut laut ini dibandrol dengan harga yang sangat sederhana. Sajian yang pedas namun nikmat ini akan membuat selera makan kamu akan terus bertambah dan tambah lagi.


4. Sate Rembiga

 KULINER KHAS LOMBOK YANG WAJIB KAMU COBA

Nama Kuliner khas Lombok Sate Rembiga ini diambil dari daerah tempat sate ini berasal yaitu di daerah Rembiga, kota Mataram yang terkenal sebagai pulau yang kaya akan kuliner dengan bahan dasar daging sapi. Sate Rembiga menjadi sangat terkenal di Lombok karena memiliki tekstur daging yang lebih lembut dan lebih nikmat. 

Ciri khas Sate Rembiga adalah dagingnya yang lembut dengan rasa pedas yang membuat lidah ingin terus bergoyang. Rasa pedas yang dipadu dengan bumbu kental manisnya dan gurih baluran aneka rempah akan menambah kenikmatan tersendiri saat disantap.

5. Bebalung

KULINER KHAS LOMBOK YANG WAJIB KAMU COBA

Kuliner khas Lombok yang satu ini mungkin hampir mirip dengan Tengkleng, Namun Bebalung menggunakan bahan tulang iga sapi atau kerbau, bukan tulang kambing atau domba. Kuliner khas Lombok ini wajib untuk Anda coba karena selain rasanya yang akan membuat Anda ketagihan juga merupakan sumber stamina bagi kesehatan tubuh.


Bebalung akan semakin terasa nikmat karena ditaburkan dengan bumbu-bumbu seperti cabai rawit, bawang putih dan bawang merah, lengkuas, kunyit dan jahe. Ciri khas dari Bebalung ini adalah sajiannya pada taburan bawang goreng yang melimpah.

 

Komentar