Langsung ke konten utama

7 TAMAN LAUT INDAH DI LEPAS PANTAI JAKARTA

ReyGina Wisata | Taman Nasional Seribu adalah kawasan pelestarian alam bahari di Indonesia yang terletak sekitar 45 kilometer sebelah utara kota Jakarta. Tempat ini setidaknya menyimpan 130 jenis terumbu karang, 242 jenis karang serta 141 jenis makrobentos dan ratusan biota laut seperti kima raksasa, kima pasir, kuda laut, lobster, kelinci laut, penyu laut dan udang mantis yang semuanya tersebar di beberapa aman laut di kepulauan seribu.

Berikut 7 Taman Laut Indah di Lepas Pantai Jakarta yang dapat Anda kunjungi dan nikmati keindahanya.

1. Taman Laut Pulau Pramuka

 TAMAN LAUT INDAH DI LEPAS PANTAI JAKARTA

Berbekal masker, snorkel dan sepatu katak yang dapat Anda pinjam di tempat penyewaan Pulau Pramuka, Anda bisa menyelami taman laut Pulau Pramuka sambil bercengkrama dengan mahluk yang hidup di dalamnya. Selain itu Anda juga dapat melihat penangkaran penyu sisik (eretmocchelys imbricata) yang saat ini jumlahnya semakin berkurang sehingga harus dilindungi.

2. Taman Laut Pulau Piniki

TAMAN LAUT INDAH DI LEPAS PANTAI JAKARTA

Pulau berpenghuni di Pulau Piniki, Kepulauan Seribu ini memiliki terumbu karang yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berada disebelah timur pulau, jajaran terumbu karang pada kedalaman 5 meter dapat Anda temukan dengan tutupan koral terbaik hingga kedalaman 20 meter. Sementara disebelah barat daya pulau terdapat titik reruntuhan kapal kargo sepanjang 20 meter yang menjadi tempat berlabuh ikan barakuda, belut laut serta anemon dengan tarian ikan-ikan badut.

3. Taman Laut Pulau Petondan Timur

TAMAN LAUT INDAH DI LEPAS PANTAI JAKARTA

Memiliki kedalaman hingga 32 meter, Taman Laut Pulau Petondan Timur atau yang biasa disebut dengan Pulau Papa Theo menantang Anda untuk menjelajahi keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan. Di taman ini terdapat kapal kargo Papa Theo yang karam pada tahun 1982 yang saat ini banyak ditumbuhi karang warna-warni yang menjadikan kekayaan visual yang sangat menakjubkan. Selain itu, jika Anda beruntung dapat menjumpai ikan Hiu yang terkadang-kadang datang melintas serta menikmati stringrays dan juga morays. Tak salaj jika Pulau Petondan Timur menjadi surga pecinta bawah laut.

4. Taman Laut Pulau Kuburan Cina

TAMAN LAUT INDAH DI LEPAS PANTAI JAKARTA

Pulau Kuburan Cina merupakan pulau yang berada pada gugusan Kepulauan Seribu yang secara administratif termasuk wilayah Provinsi DKI Jakarta. Pulau ini dihiasi dengan pantai berpasir putih dan air laut yang dangkal dan jernih sehingga akan memudahkan dalam penyelaman Anda saat menikmati panorama indah bawah laut Pulau Kuburan Cina. 

Saat air laut surut, hamparan terumbu karang akan tersingkap dan pada saat pasang, pulau ini hanya terlihat hamparan pasir putih. Terumbu karang yang tumbuh rimbun memikat penyelam untuk terjun kedalam air di kedalaman 8 - 20 meter. 

BACA JUGA : Daftar Lengkap Tempat Wisata Baru Di Jakarta

5. Taman Laut Pulau Kayu Angin Genteng

TAMAN LAUT INDAH DI LEPAS PANTAI JAKARTA

Pulau Kayu Angin Genteng memiliki hamparan pantai berpasir putih halus yang dari kejauhan bisa memikat siapapun untuk segera mampir. Di bawah laut Pulau Kayu Angin Genteng menawarkan ikan warna warni yang selalu berenang diantara diantara karang foliose dan karang massive. 

Ikan dan terumbu karang di sini akan selalu menemani Anda menjelajahi alam bawah laut Pulau Kayu Angin Genteng. Karang Foliose yang berbentuk lembaran, meonjol di dasar berukuran mungil dengan lipatan melingkar. Sementara karang massive berbentuk bulat dengan permukaannya yang halus dan padat. 

6. Taman Laut Karang Lebar

TAMAN LAUT INDAH DI LEPAS PANTAI JAKARTA

Taman Laut Karang Lebar adalah kerumunan karang keras berhias ikan-ikan kecil warna-warni. Situs selam di Kepulauan Seribu ini pastinya bakal memanjakan mata para penyelam yang datang kesini. Tetapi jangan menjahili hydroid penyengat, karena karang lunak seperti bulu ayam yang nampaknya lemah gemulai akan terasa sangat gatal jika Anda menyentuhnya.

7. Taman Laut Pulau Semak Dalam

TAMAN LAUT INDAH DI LEPAS PANTAI JAKARTA

Kunjungi titik-titik selam terbaik di Taman Nasional Seribu untuk melakukan aktivitas snorkeling dan diving. Anda bisa memulainya dari Pulau Semak Dalam dengan kedalaman paling rendah disekitar 15 meter. Bagi penyelam pemula, Mengunjungi Taman Laut Semak Dalam. Disini Anda bisa belajar snorkeling sambil menikmati keindahan terumbu karang, hamparan pasir putih di pinggir pantai menjadi bomus yang indah bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke pulau ini. 

BACA JUGA : Menikmati Keindahan Pulau Pari di Utara Jakarta

Nah itulah 7 taman laut indah di lepas panrai Jakarta yang dapat Anda kunjungi dan nikmati bersama keluarga di akhir pekan.

Sarana Transportasi

Anda dapat mengunjungi Taman Laut di Kepulauan Seribu melalui Marina Ancol, Kaliadem, Muara Angke, Rawasaban, Muara Kamal, Keronjo dan juga Mauk, Tangerang.

Komentar