Langsung ke konten utama

PULAU KALEDUPA, SURGA TERSEMBUNYI DI WAKATOBI

PULAU KALEDUPA, SURGA TERSEMBUNYI DI WAKATOBI
Pulau Kaledupa

ReyGina Wisata | Pulau Kaledupa adalah salah satu pulau cantik di gugusan Kepulauan Tukang Besi, Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Sulawesi Tenggara, Indonesia. Pulau ini terletak di selatan pulau Wangi-Wangi, di utara Pulau Tomia dan di barat Pulau Hoga. Nah jika Anda berkunjung ke Wakatobi, mampirlah sejenak ke Pulau Kaledupa. Di pulau ini Anda bisa menikmati berbagai macam destinasi wisata yang indah mempesona bagaikan surga yang tersembunyi di Taman Laut Wakatobi.

Baca Juga : 10 Tempat Menakjubkan Saat Berkunjung Ke Taman Nasional Wakatobi

PULAU KALEDUPA, SURGA TERSEMBUNYI DI WAKATOBI

Kaledupa hanyalah bagian kecil dari gugusan pulau di Wakatobi yang memiliki keindahan pantai dan bawah laut yang sangat menakjubkan. Jutaan biota laut di Pulau Kaledupa sangat melimpah. Terumbu karangnya masih terjaga dengan baik menjadi habitat ikan-ikan cantik warna warni yang tumbuh subur di tempat ini. 

Pulau Kaledupa mulai dikenal karena keindahan pantainya dan kekayaan biota lautnya, Banyak wisatawan yang pernah berkunjung ke pulau ini menjulukinya sebagai Surga Tersembunyi di Wakatobi. Faktanya memang di Pulau Kaledupa Anda akan terhipnotis dengan keindahan bawah lautnya. Ekosistem dan biota laut di pulau ini sangat berlimpah. Terumbu karangnya masih terjaga dengan sangat baik, Jadi janganlah kaget jika Anda menyelam di bawah laut Pulau Kaledupa akan disambut dengan ribuan ikan warna warni.   

Selain keindahan bawah lautnya sangat menakjubkan, Di Pulau Kaledupa, Anda bisa menyaksikan benteng kuno peninggalan penjajahan Belanda, kampung tenun dan pantai-pantai berpasir putih yang sangat indah mempesona untuk Anda nikmati. 

Untuk dapat berkunjung ke Pulau Kaledupa, Anda dapat menumpang kapal motor yang berangkat setiap pagi pada pukul 07.00 dari pelabuhan di Kota Wanci dengan membayar tiket sebesar 50 ribu rupiah per orang dengan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan. Jika Anda beruntung, Anda dapat menjumpai sekelompok Lumba-lumba yang berenang bebas di sekitar kapal yang Anda tumpangi.

Baca Juga : 10 Pantai Terindah di Wakatobi

PULAU KALEDUPA, SURGA TERSEMBUNYI DI WAKATOBI
Pantai Taduno

Di Pulau Kaledupa, Anda akan disambut dengan Pantai Taduno, pantai indah dengan hamparan pasir putih bersih berkilau dengan air lautnya yang jernih berwarna biru kehijauan-hijauan yang tenang. Rasa haus dan teriknya matahari khas pesisir akan segera hilang saat Anda menemukan surga tersembunyi di Pulau Kaledupa yang indah memesona ini.

Di Pantai Taduno Anda dengan bebas melakukan segala aktivitas pantai karena Pulau Kaledupa masih sepi pengunjung. Berenang, berjemur matahari, memancing, snorkeling , diving atau menyusuri hutan mangrove dapat Anda lakukan di Pantai Taduno dengan rasa aman, nyaman tanpa gangguan pengunjung lainnya.

Yang sangat luar biasa dari Pantai Taduno adalah saat air laut surut, bersiaplah untuk terpana dengan kontur dan garis pantai yang luas, mengajak Anda untuk segera menceburkan diri ke air laut yang jernih dan tenang.

Baca Juga : Menikmati Kelezatan Kuliner Wakatobi

PULAU KALEDUPA, SURGA TERSEMBUNYI DI WAKATOBI
Pantai Sombano

Selain dapat mengunjungi Pantai Taduno, Anda juga bisa mampir sejenak di Pantai Sombano yang tak kalah indahnya dengan Pantai Taduno. Disini Anda juga akan disambut dengan hamparan pasir putih bersih dengan air laut yang jernih dan tenang. Di pantai ini Anda dapat bersantai dengan nyaman sambil menunggu matahari tenggelam (sunset) di ufuk barat. Pantai ini terkenal dengan pemandangan sunsetnya yang membuat banyak pengunjung betah berlama-lama di pantai nan indah ini.

PULAU KALEDUPA, SURGA TERSEMBUNYI DI WAKATOBI
Pantai Peropa

Pantai selanjutnya yang dapat Anda singgahi saat berkunjung ke Pulau Kaledupa adalah Pantai Peropa yang hanya berjarak sekitar 30 menit dari pusat kota. Pantai yang banyak terdapat tambatan perahu nelayan ini menawarkan hamparan pantai berpasir putih bersih nan lembut Berkunjunglah saat pagi hari dimana Anda dapat melihat aktivitas para nelayan pulang melaut. Di pantai ini Anda bisa membeli aneka ikan segar dari para nelayan dengan harga yang sangat terjangkau.

Selain wisata pantai, Pulau Kaledupa juga menawarkan wisata hutan mangrove yang merupakan hutan mangrove terbesar di Taman Nasional Wakatobi. Selain dapat menikmati hijaunya hutan mangrove, Anda juga dapat menyaksikan berbagai fauna seperti kepiting, ikan, kerang, burung pipit, trinil, siput, udang dan beberapa fauna lainnya.

PULAU KALEDUPA, SURGA TERSEMBUNYI DI WAKATOBI
Benteng Ollo dan Masjid Tua Kaledupa

Lelah menjelajahi pesisir pantai Pulau Kaledupa, Anda bisa singgah sejenak ke Benteng Ollo dan Masjid Tua Kaledupa yang merupakan situs sejarah peninggalan kebudayaan nmasyarakat Pulau Kaledupa yang hingga kini masih tetap terjaga keasriannya. Terletak di Desa Buranga, Kecamatan Kaledupa, Benteng ini memiliki sembilan lawa yang konon setiap lawa dijaga oleh seorang prajurit dan orang yang bertugas mendoakan di lawa.

Di dalam Benteng Ollo terdapat masjid tua yang berukuran 6,5 x 7 meter. Menurut sejarah bangunan masjid merupakan pengejawantahan dari badan seorang ibu dan karena itulah masjid ini bukan untuk tempat shalat kaum perempuan.

Di tangga Masjid Tua terdapat batu yang disimpan. Batu tersebut dianggap sebagai bagian dari badan seorang perempuan. Penempatan air wudlu , bentuk daun pintu, lubang di dalam dan mimbar khatib serta jendela semuanya menggambarkan keadaan badan perempuan.

Baca Juga : Menikmati Kecantikan Bawah Laut Pulau Hoga di Wakatobi

Selain itu Anda juga masih dapat menyaksikan keberadaan benteng kuno lainnya di Pulau Kaledupa yang terletak diatas sebuah bukit. Benteng yang berada di Desa Tampara, Kecamatan Kaledupa Selatan merupakan benteng pertahanan yang dulu digunakan oleh kolonial Belanda. Dari benteng ini Anda dapat menyaksikan panorama indah Pulau Kaledupa secara keseluruhan. 

Komentar