Langsung ke konten utama

SINGGAH SEJENAK DI KAWASAN TRADISONAL RUMAH GADANG BALAI KALIKI

Rumah Gadang Balai Kaliki dibangun pada sekitar akhir abad ke-17.

KAWASAN TRADISONAL RUMAH GADANG BALAI KALIKI


ReyGina WisataPayakumbuh adalah salah kota terindah di Indonesia yang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Selain memiliki keindahan alam yang cantik mempesona serta dikenal sebagai kota kuliner, Kota Payakumbuh juga memiliki destinasi wisata budaya yang beragam yang dapat Anda singgahi yang salah satunya adalah Rumah Gadai Balai Kaliki.

Terletak di Jalan Sudirman (S.Besar) RW. 03, Balai Kaliki Koto Kaciak kubu Tapak Rajo, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia, Singgalah sejenak di kawasan tradisional Rumah Gadang Balai Kaliki yang cantik mempesona.

Baca Juga : Menjelajahi Destinasi Wisata Terbaik di Sumatera Barat

Rumah Gadang Balai Kaliki dibangun pada akhir abad ke-17 disebuah tanah kosong yang terdapat kebun Kalikih (Pohon Pepaya) yang rimbun. Di perkebunan ini beberapa kaum mulai membangun, bercocok tanam dan membuat pemukiman yang sekarang dikenal sebagai Kawasan Rumah Gadang Balai Kaliki, perumahan ini dibangun dibangun dari hasil panen pepaya dan hasil-hasil lainnya.

Dari masa ke masa kawasan Rumah Gadang Balai Kaliki tidak mengalami perubahan hingga sekarang tetapi untuk beberapa rumah telah mengalami kemajuan zaman dimana sebagian bangunan telah terganti dengan bangunan beton dengan beberapa rumah gadang telah rusak dan hilang dari lokasi awal.

Baca Juga : 10 Objek Wisata Terindah Di Tanah Datar 

Di kawasan ini Anda dapat menyaksikan beberapa rumah gadang balai kaliki dari berbagai type karena didiami oleh beberapa kaum yang membuat type rumah gadang ini berbeda-beda.

Untuk kalangan berpenghasilan tinggi, mengalami perubahan pada dinding kayu menjadi pasangan bata semi kapur dan untuk kalangan menengah kebawah pada masa itu membiarkan kondisi rumah gadang tetap seperti aslinya. hingga sekarang.

Untuk ragam yang yang terdapat pada kawasan ini masih berpedoman pada batusangkar dan kolonial dimana kapur masih mendiami beberapa rumah gadang.

Untuk corak profil Rumah Gadang Balai Kaliki masih memakai tipe Eropa (kolonial) dan untuk profil kayu masih memakai tipe tradisional Minangkabau. Setiap rumah gadang memiliki Rangkiang yang berfungsi untuk menyimpan beras, Namun beberapa jenis bangunan rumah gadang ini telah hilang.

Baca Juga : Menjelajahi Keindahan Pulau Cingkuak di Pesisir Sumatera Barat

Tatanan Kawasan Tradisional Rumah Gadang Balai Kaliki tersusun dengan sangat rapi antara rumah yang satu dengan rumah lainnya menjadikan kawasan ini sangat ideal untuk ditinggali.

Fasilitas

Terdapat medan bapaneh yaitu tempat pementasan seni anak nagari dan sejumlah fasilitas lain seperti mushola, area parkir, toilet dan lain sebagainya.

Baca Juga : Tour de Singkarak, Sport Tourism Kebanggaan Indonesia 


sumber: minangtourism.com

Komentar