Langsung ke konten utama

Ulasan 12 Tempat Wisata di Lamongan Terbaru yang Menarik Dikunjungi

Mau liburan ke lamongan? Simak ulasan Tempat Wisata di Lamongan terbaru tahun 2019. dengan Harga tiket masuk dan lokasi, bakal ada objek Spot Foto yang menarik. serta wisata yang lagi populer seperti WBL, WEGO, Akar Langit Trinil dan masih banyak lagi.

Kabupaten yang terletak di Jawa Timur yang daerahnya terdiri dari dataran rendah, tinggi atau pegunungan , rawa -rawa serta dibelah oleh sungai bengawan solo sehingga wilayah ini bisa jadi menyimpan beberapa pesona wisata alam yang mungkin terlewatkan bila anda berada di lamongan.

Lamongan sendiri banyak dikenal oleh masyarakat luas dari masakan sotonya dan olahraga sepak bolannya yaitu persela lamongan.

selain kuliner dan olahraga, ternyata Lamongan masih menyimpan beberapa pesona wisata alam pantai, wisata hutan, wisata danau, edukasi dan juga wahana buatan yang mungkin masih ada beberapa orang yang belum mendengarnya.

Baca Juga : 52 Tempat Wisata di Tuban Terbaru yang Seru

Berikut di bawah ini merupakan tempat wisata terbaru tahun 2019 yang sering dikunjungi banyak orang di kabupaten lamongan jawa timur yang menyimpan banyak objek wisata buat spot foto terbaik berserta harga tiket masuk dan alamatnya agar memudahkan anda dalam menyeleksi obyek wisata sesuai selera dengan harapan agar anda tidak merasa kecewa sebelum mengunjungi wisata saat liburan.

1. Wisata Bahari Lamongan (WBL)

Wisata Bahari Lamongan, Lebih familiar di kenal dengan sebutan WBL merupakan tempat wisata yang di buka dari tahun 2004. dan terletak di pesisir laut utara Jawa atau tepatnya di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan.

Wisata Bahari Lamongan ini sendiri menyuguhkan beberapa aneka wisata pantai dan fantasi. seperti permainan speed flip, sepeda air, paus dangdut, drop zone, flying fox, ranger, naik unta, crazy car, space shuttle dan masih banyak lagi.

Image Source
Liburan keluarga di tempat ini sangatlah seru karena anda bisa menyesuaikan sesuai selera anda mulai dari permainan anak, permainan keluarga seperti permainan air, permainan adrenaline fantasi, wahana penangkaran binatang atau bisa juga mengunjungi Indonesian Islamic Art dan Goa Maharani yang masih satu konsep pengelolaan dengan WBL.

Indonesian Islamic Art, Merupakan Museum islam pertama yang ada di indonesia. di tempat ini kamu bakal menjumpai tiga zona, yaitu zona audio visual, Zona Diorama dan Zona Galeri peninggalan benda sejarah islam dunia.

Di Zona Audio visual kamu bakal di melihat beberapa film dokumenter singkat sejarah penyebaran islam dunia.

Sedangkan pada Zona Diorama kamu akan menemukan beberapa spot foto menarik dengan desain miniatur tiga deminsi dan disini penggunjung seakan dibawa ke jaman sejarah islam dahulu.

Dan di Zona Galeri sendiri terdapat banyak benda peninggalan islam dunia. mulai dari wali songo, Kerajaan china, Kerajaan Turki yang intinya benda tersebut menceritakan penyebaran islam di penjuru dunia.

Image Source
Untuk tiket masuk ke Indonesian Islamic Art anda hanya perlu membeli tiket terusan dari wisata bahari lamongan sebesar 15.000 sudah termasuk diskon 50% dari paket WBL saat ini. dan jika promo sudah habis maka harga tiket normal adalah 30.000. untuk info promo yang berubah - ubah lebih lengkapnya anda bisa bertanya kepada guide yang ada di loket WBL.

Maharani Zoo & Goa, Menurut pengalaman saya tahun - tahun sebelumnya jika anda tertarik berlibur ke goa maharani zoo maka tiket masuk ke WBL sudah satu paket untuk berlibur mengunjungi goa maharani, akan tetapi bila anda hanya membeli tiket berlibur ke goa maharani saja maka anda tidak dapat paket masuk ke wisata bahari (WBL). program promo semacam ini kadang bisa saja berubah sesuai ketentuan pihak pengelola. saran saya sebelum membeli tiket lebih baik tanyakan dahulu aturan promo tiket kepada petugas. karena wisata ini letaknya berhadapan hanya terpisah jalan raya lintas utara.

Image Source
Di maharani zoo sendiri anda bisa bercengkrama dengan banyak hewan. sangat cocok untuk anak - anak. selain itu di kawasan wisata ini juga terdapat goa lamongan. maka dari itu banyak orang sekitar yang menyebut wisata ini dengan sebutan goa maharani. di dalam goa lamongan anda bakalan menjumpai keindahan batu gua alami dalam tanah seperti contoh gambar di atas. kawasan gua sendiri sangat luas dan disini anda akan merasakan jalan - jalan bawah tanah yang cukup berkeringat. tapi tenang..!! di dalam akan ada pemandu yang siap menunjukkan arah dan memberi penjelasan yang anda butuhkan. 

Untuk jam buka wisata bahari dan goa maharani zoo pun sama yakni mulai dari 08.30 pagi hingga tutup pukul 16.30 sore. 

Dan untuk tiket atau paket masuk ke wisata bahari lamongan, maharani zoo & goa lamongan berikut rinciannya :

Tempat Wisata Senin - Kamis Jum'at - Minggu
WBL, Maharani Zoo & Goa Lamongan 97.000 130.000
Maharani Zoo & Goa Lamongan 52.000 70.000
WBL 70.000 100.000

Dari daftar rincian diatas memang tergolong destinasi liburan yang tidak murah. tetapi dengan biaya yang lumayan tersebut anda akan merasakan kepuasan tersendiri karena liburan anda terasa lengkap dengan banyaknya hiburan yang disediakan.

2. Besur Garden Flower (Tamsur)

Taman besur banyak orang menyebutnya dengan singkatan Tamsur. merupakan wisata edukasi terbaru di lamongan yang lagi nge-hits. tempat ini merupakan taman buatan yang dibuat menyerupai alam. wisata ini dibagun secara gotong royong oleh warga yang mana semua pupuk bunga juga di olah sendiri secara organik oleh warga setempat.

Image Source
Desa ini sendiri sejatinya mengandalkan pupuk organik buatan sendiri dari dahulu untuk tanaman pertanian mereka. serta memanfaatkan aliran sungai bengawan solo sebagai pengairannya. mayoritas wilayah desa ini terdiri dari persawahan tanaman padi, jagung, sayuran dan bunga. sehingga pada akhir tahun 2018 wilayah ini menjadi percontohan pertanian mandiri oleh menteri pertanian. 

Selain itu taman bunga ini dibagun dengan tujuan sebagai edukasi agar pengunjung lebih mengenal alam. dimana tanaman tumbuh dari bibit, perawatan, hingga tanaman tersebut berbunga. tak jarang banyak pengunjung yang memanfaatkan tempat ini untuk pengambilan spot foto bersama teman, keluarga atau pasangan.

Fasilitas yang disediakan di area wisata ini terdiri dari area parkir, toilet, kantin makan & minum serta gubuk - gubukan dari bambu untuk bersantai menikmati udara segar yang datang dari persawahan. untuk masuk ke area wisata ini anda hanya perlu merogoh kocek 3.000 per orang dan wisata ini buka dari jam 07.00 dingga sore 17.30 menjelang malam. dan buka setiap hari.

3. Wisata Edukasi Gondang Outbound (WEGO)

Wisata yang lagi populer di kabupaten lamongan ini merupakan wisata alam yang di buat khusus untuk edukasi pendidikan dan rekreasi keluarga. terletak di Desa Deketagung Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan. atau dibarat daya dari lamongan kota. sekitar 24 kilometer jarak tempuh.

Untuk akses medan jalannya sendiri cukup bagus dan kendaraan besar seperti bus dan roda empat lainnya sudah bisa mengakses jalan ke tempat ini.

Image Source
Ada banyak wahana yang terdapat di kawasan wisata ini. diantaranya menaiki peawat terbang boeing tipe 737-300, pulau cinta dan melintasi jembatannya untuk mengambil spot foto, mini trail dan ATV Adventure merupakan wahana adrenaline bagi anak, f;ying fox, bermain di danau bebek, konservasi penangkaran hewan, juga merupakan lokasi pengenalan budaya sejarah, selain itu ada pula water park, perkemahan, tempat rapat atau pertemuan, ada juga pendampingan dari tim outbond tentang tata cara persiapan outbound.

Untuk masuk ke tempat wisata ini anda hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar 25.000 per orang. dan untuk anak dibawah dua tahun tidak dipugut biaya tiket alias gratis. sedangkan untuk jam buka khusus wisata rekreasi adalah pukul 07.00 sampai dengan sore pukul 17.00. serta buka setiap hari.

4. Wisata Waduk Gondang

Sesuai namanya waduk, merupakan bendungan air yang sangat luas sampai melintasi dua kecamatan yakni Sugio dan Sambeng.

Image Source
Waduk gondang sendiri awal mula sebenarnya di bangun dan diresmikan pada masa Presiden Soeharto untuk mengatur debit aliran persawahan di kawasan tersebut. sebab di musim kemarau daerah tersebut sering kekurangan pasokan air yang menyebabkan persawahan warga tidak bisa di tanami. selain itu di pinggir waduk terdapat bukit yang saat ini dimanfaatkan sebagai konservasi penangkaran hewan serta dibagun taman permainan rekreasi anak.

Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini bersama keluarga sambil menikmati hirup udara segar dari pinggir waduk serta memanfaatkan pengambilan foto di atas bendungan.

Bendungan waduk gondang ini sendiri terletak di Desa Gondang Lor Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan. anda bisa masuk ke area bendungan waduk secara gratis tetapi untuk masuk ke lokasi rekreasi taman dan konservasi hewan anda perlu mengeluarkan biaya tiket 5.000 per orang dan buka setiap hari.

5. Wisata Pantai Kutang

Kembali lagi ke lintas utara kabupaten lamongan. ada pantai kutang yang merupakan destinasi wisata terbaru yang wajib anda kunjungi. terletak di pesisir laut utara tepatnya di Dusun Kentong Desa Labuhan Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan.

Salah satu hal yang membuat banyak orang penasaran ialah namanya, yaitu "kutang" yang berarti bra dalam (bahasa indonesia).

Menurut cerita salah seorang teman, alasan pantai ini disebut kutang adalah karena setiap hari warga selalu menemukan bra di area pesisir pantai. hal itulah yang menjadi kebiasaan warga setempat menamainya pantai kutang.
Image Source
Selain namanya yang unik. pantai ini juga memiliki banyak pesona indah mulai dari lebatnya pepohonan mangrove, pasir laut yang putih dan luas. untuk berlibur ke tempat ini anda hanya perlu membeli tiket seharga 3.000 per orang.

6. Bendung Gerak Babat (Barrage)

Yang satu ini sebetulnya bukan merupakan objek wisata. tetapi anda bisa memanfaatkan pemandangannya sebagai wisata gratis. berada di lokasi persawahan tepatnya di Desa Kendal Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan. merupakan bendungan dengan arsitektur mesin yang bisa menggerakkan pintu bendungan.

Kalau datang kesini pas waktu bengawan solo meluap saya jadi inget sama film hard rain (1998) dimana merupakan film luapan air besar yang melintasi bendungan.
Image Source
Di kawasan ini kamu bakalan melihat dimana debit aliran sungai bengawan solo di atur. selain itu anda bisa menikmati taman yang berada di pinggir area bendungan sambil menikmati makanan yang banyak dijual dikawasan ini. kebanyakan pengunjung datang pada pagi dan sore hari untuk pengambilan foto di atas jembatan atau bendungan. selain itu jika musim bulan ramadhan tempat ini bakal didatangi ribuan orang untuk ngabuburit.

Untuk masuk ke area bendungan dan tamannya. anda tidak dipungut biaya serta tidak ada area parkir. kita bisa langsung masuk membawa motor kita bersama keluarga.

7. Pemandian Air Panas (Brumbun)

Pemandian air panas ini terletak di sebuah lembah pegunungan. untuk sampai kesana anda harus melewati hutan pohon jati dan bambu yang berliku jalannya. pemandian air panas ini berada di Dusun Sidodadi Desa Kranji Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan.
Image Source
Selain itu, untuk masuk ke lokasi pemandian anda tidak di kenakan biaya namun hanya membayar parkir 3.000 untuk motor dan 10.000 untuk mobil roda empat. di tempat ini tersedia dua kolam khusus perembuan dan laki - laki. serta buka terus 24 jam.

Sesuai pengalaman saya tahun lalu saat berkunjung kesini. ramainya pengunjung ada di malam hari. rata - rata yang datang dari luar kota dan kepengen terapi kesehatan karena air panas sumber asli gunung ini di yakini memiliki khasiat untuk kesehatan kulit dan lain - lain. selain itu banyak warung makan, warung kopi yang dijual di sini serta harganya bersahabat. kalu pas pagi atau sore suasananya sejuk dan cocok sebagai tempat bersantai sambil menikmati keindahan alam diatas pegunungan.

8. Wisata Akar Langit Trinil

Berada di Dusun Lembor Desa Sendangharjo Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan atau tepatnya dari wisata bahari lamongan ke arah barat sekitar 6 kilometer. merupakan wisata alam yang letaknya di bukit pegunungan serta hutan luas yang asri. pengunjung bakal menjumpai banyak akar pohon yang bergelantungan seperti akar pohon di film harry potter.
Image Source
Objek wisata ini sendiri masih dikelola oleh Karangtaruna setempat. banyak pengunjung yang datang untuk berfoto karena dari segi alamnya yang indah di atas bukit serta banyak tempat - tempat buatan seperti dek panggung kayu, perahu kayu yang cocok buat melihat pemandangan alam hutan dari atas ketinggian.

Untuk masuk ke area wisata akar langit trinil ini anda hanya perlu membayar parkir 2.000 dan tiket masuk dengan biaya 3.000 per orang.

9. Gunung Suru Lembor

Wisata yang mungkin baru populer di lamongan awal tahun 2019 ini termasuk wisata spot foto. Lokasinya berada di Desa Lembor, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan.

Merupakan objek wisata di atas perbukitan gunung dengan beberapa balutan spot buat foto yang menarik. selain itu pengunjung dapat menyaksikan pemandangan hutan dari atas ketinggian. ada pula beberapa anak muda yang memanfaatkan tempat ini untuk bercamping mendirikan tenda.
Image Source
Untuk sekarang akses jalan kelokasi ini belum begitu maksimal. masih dalam tahap pembenahan. namun dapat dilalui kendaraan roda dua dan roda empat. dari fasilitas parkirnya sendiri bisa dikatakan mumpuni dengan biaya Rp. 2.000,-

10. Istana Gunung Mas Lamongan

Dari lintas utara kabupeten lamongan kita beralih ke bagian selatan Wilayah Lamongan, ada salah satu wisata spot foto kece di atas perbukitan bekas tambang batu yang disulap menjadi objek wisata.

Dibalut dengan beberapa bangunan desain mandarin yang mengeliligi sebuah kolam ikan serta beberapa spot foto berupa patung, miniatur dan tempat bersantai, sehingga nuansa objek wisata Istana Gunung Mas terasa menarik buat disinggahi saat liburan datang.

Umumnya banyak anak muda yang memanfaatkan tempat ini sebagai ajang foto bareng dengan bacground latar bangunan cina. selain itu untuk masuk kesini anda tidak di pungut biaya tiket tetapi hanya membayar parkir permotor 10.000 dan permobil 30.000.

Image Source
Lokasinya sendiri berada di Jl. Kacangan, Balongwangi, Tugu, Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan. untuk akses jalannya lumayan bagus yaitu melewati beberapa perkampungan warga dengan medan jalan cor.

11. Masjid Namira Lamongan

Merupakan masjid yang memiliki kesan tersendiri untuk setiap pengunjung yang pernah menginjakkan kaki di tempat ini. Kesan tersebut akan muncul dari beberapa kiswah yang terdapat di mesjid ini. kiswah atau kain penutup kakbah itu sengaja di datangkan langsung oleh pengelola masjid dari Makkah Negara Arab Saudi.
Image Source
Selain terdapat kiswah, masjid ini juga di desain mirip bangunan ibadah di Saudi Arabia. ada yang spesial di tempat ini yakni pada setiap bulan ramadhan pengelola masjid selalu mendatangkan imam tarawih dari timur tengah. itulah yang menjadi daya tarik seseorang ingin mampir ke tempat ibadah ini. 

Dengan area parkir yang luas, cukup membuat setiap pengunjung leluasa sekedar mampir ke masjid ini.

12. Alun - Alun Lamongan

Berada di tengah jantung kota. tepatnya di Jl. Lamongrejo lamongan kota. serta berhadapan dengan masjid agung lamongan dan bersebelahan dengan kantor pemerintahan bupati serta tak jauh dari pasar tingkat atau pusat perbelanjaan membuat alun - alun ini begitu ramai pengunjung. dengan beberapa balutan dekorasi taman bermain dan lapangan olahraga membuat liburan bareng keluarga tambah lengkap. 
Image Source
Apalagi pada awal tahun 2019 tempat ini sudah mengalami pembenahan mulai dari perluasan trotoar, penambahan taman bermain anak hingga memperbayak tempat dudukan untuk bersantai yang membuat setiap pengunjung tambah betah berlama - lama di tempat ini.

Itulah Review beberapa destinasi tempat wisata di Kabupaten Lamongan yang menarik untuk dikunjungi. selain itu di lamongan juga masih banyak menyimpan wisata alam yang mungkin akan saya update di waktu lain. terimakasih semoga bermanfaat.

Komentar