Langsung ke konten utama

Tiket & Rute Wisata Telaga Sarangan Magetan, Surga di Kaki Gunung Lawu

Wisata Telaga Sarangan Kabupaten Magetan Jawa Timur, Tiket masuk, Rute, Wahana & Fasilitas tahun 2019 bakal kita ulas pada kesempatan kali ini.

Jika Switzerland punya danau besar bernama Jenewa. Nah, Negara Indonesia juga punya danau luas, yaitu Danau Sarangan atau lebih dikenal dengan sebutan Telaga Sarangan yang terletak di Desa Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Telaga Sarangan sendiri berada kaki Gunung Lawu pada titik 1.200 Mdpl lebih diatas permukaan laut membuat kawasan telaga di Magetan ini terkesan berhawa dingin, dengan luas kira - kira 30 hektare dan kedalaman lebih dari 25 meter.

Disamping luas, Danau Sarangan juga dikelilingi banyak pohon pinus yang menjulang tinggi, sehingga nuansa sekeliling kawasan danau nampak rindang dan cocok buat acara rekreasi, terlebih jika anda butuh nuansa sejuk untuk menghilangkan rasa suntuk fikiran karena banyaknya aktivitas.

Selain sebagai objek wisata alam unggulan di Kabupaten Magetan, telaga sarangan sebetulnya awal mula di fungsikan sebagai pengairan perkebunan atau sawah di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Magetan.
Image Source
Yang mana jika di waktu musim kemarau banyak lahan sawah yang mengalami gagal panen gara - gara kekurangan pasokan sumber air, meski sekarang lebih fokuskan untuk pariwisata, namun pemanfaatan air telaga sarangan untuk pengairan sawah sendiri masih sering dilakukan oleh Pemerintah Magetan.

Baca Juga : Tiket Masuk & Wahana Terbaru Magetan Park

WAHANA DI WISATA TELAGA SARANGAN

Wahana yang terdapat di tempat wisata danau sarangan ini antara lain ;

  • Menaiki delman dengan tarif kisaran Rp. 40.000, 
  • Menaiki kuda dengan biaya sewa Rp. 60.000 dengan jarak tempuh mengeliligi telaga sekitar 2 kilometer lebih.
  • Wahana Speed Boat atau kapal laut mini dengan biaya Rp. 60.000 maksimal 4 orang.

Selain itu bagi anda yang punya hobi berfoto, terdapat pula taman yang di desain menarik atau bisa juga memanfaatkan tugu kipas wayang plakat telaga sarangan sebagai background atau view pengambilan foto saat berlibur di tempat wisata sarangan ini.

TIKET MASUK WISATA TELAGA SARANGAN MAGETAN

Untuk harga tiket di pintu loket wisata per November 2019 pengunjung di kenakan biaya Rp. 20.000,- (Dewasa) dan Rp. 10.000,- (Dibawah 2 tahun).

Selain itu, bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi maka akan dikenakan biaya tambahan lagi, yakni tiket masuk kendaraan.

Untuk tiket kendaraan motor adalah Rp. 3.000,- dan kendaraan mobil Rp. 5.000,- serta angkutan besar berjenis bus Rp. 10.000,-.

Catatan, biaya tiket masuk kendaraan tersebut, belum termasuk biaya parkir kendaraan di area wisata ya..!!

TEMPAT & BIAYA PARKIR TELAGA SARANGAN

Setelah memasuki pintu masuk wisata, berjarak sekitar 150 meter, kamu akan menemukan kawasan parkir resmi dari wisata sarangan. dan untuk biaya parkir perkendaraan roda dua adalah Rp. 3.000,- dan kendaraan roda empat Rp. 5.000,-. kemudian untuk bus berkisar 15.000,-

Lokasi parkir kendaraan ke tempat wisata telaga sarangan sendiri sangat dekat, yang mana hanya berjarak kurang lebih 200 meter atau 4 menit jarak tempuh jalan kaki.

PENGINAPAN DI TELAGA SARANGAN

Bagi kamu yang ingin menikamati malam sekaligus beristirahat di sekitar telaga sarangan, terdapat beberapa penginapan berjenis hotel melati bersusun atau villa - villa kecil yang jumlahnya lumayan banyak sekitar 40 - 50 tempat.

Untuk harga rata - rata biaya sewa perhari Rp. 200.000 sampai dengan Rp. 500.000 tergantung dari varian kelas penginapan.
Image Source
Jika di hari Libur Nasional jumlah pengunjung bakal menggeludak yang menyebabkan banyak hotel atau villa yang penuh. alternatifnya anda bisa memanfaatkan penginapan berjenis pondok yang banyak berdiri di area tak jauh dari telaga sarangan.

FASILITAS DI TELAGA SARANGAN

Untuk fasilitas yang ada di kawasan Wisata Telaga Sarangan ini yaitu Musholla, Toilet, Kamar mandi, Penyewaan Pelampung, Area Parkir kendaraan dan Kantin yang terkenal dengan menu masakan sate kelincinya.
Image Source
Selain terdapat banyak hiburan wahana dan berbagai fasilitas. di area Wisata Telaga Sarangan Magetan juga terdapat pasar tradisional yang banyak menjual produk hasil bumi.

Lokasi pasar ini juga sering menjadi pusat tujuan akhir jika berlibur ke telaga ini, yang mana para wisatawan sering membeli berbagai sayuran dan buah - buahan yang masih segar sebagai oleh - oleh saat hendak pulang dari berwisata di telaga sarangan ini.

RUTE LOKASI TELAGA SARANGAN

Jika anda menaiki kendaraan pribadi dari titik Kota Kabupaten Magetan, carilah arah jalan raya sarangan atau jalan jalur menuju Tawangmangu Jawa Tengah.

Selain itu, bisa juga dari terminal Kota Magetan lalu menaiki kendaraan umum menuju ke terminal Sarangan Kecamatan Poncol.

Jarak tempuh dari pusat Kota Magetan sampai ke telaga sarangan kurang lebih 15 kilometer. dan yang pastinya banyak papan penunjuk jalan, karena wisata sarangan merupakan salah satu wisata unggulan di Kabupaten Magetan.

Disepanjang perjalanan ke tempat wisata telaga sarangan ini, kamu bakal melewati medan jalanan yang menanjak dan berbelok - belok serta jika di pagi hari bakal banyak kabut yang bisa mengurangi jarak pandang, jadi harus ekstra berhati - hati.

Itulah ulasan mengenai tempat wisata unggulan Kabupaten Magetan yakni Telaga Sarangan yang begitu menawan dan cocok sebagai destinasi liburan bareng keluarga.

Sekian, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi rencana liburan anda ke tempat wisata di Magetan ini. sampai jumpa dan terimakasih.

Komentar