Langsung ke konten utama

56 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru Yang Seru dan Hits Tahun ini

Rencana jalan - jalan ke Surabaya? Berikut ulasan 56 tempat wisata di Surabaya terbaru & menarik 2019 dengan tiket masuknya, bakal ada wisata spot foto hits, edukasi dan permainan seru. yang pasti, banyak objek unik cocok buat liburan bersama keluarga ketika di Surabaya.

Kota Surabaya lebih akrab di telinga dengan sebutan Kota Pahlawan, hal tersebut tak lepas dari rekam jejak sejarah kota ini, yang mana terukir dari semangat perjuangan arek - arek suroboyo ketika melawan penjajah pada masa kelam merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

Banyak hal yang membuat seseorang merasa nyaman di Kota Surabaya, salah satunya bangunan - bangunan klasik peninggalan penjajah yang mewarnai penampilan kota ini dan masih di pertahankan oleh Pemkot Surabaya sebagai cagar budaya demi mengenang Perjuangan Kemerdekaan Negara.

Surabaya sekarang bukanlah Surabaya masa berkembang, jika dahulu jujukan istimewa kota ini hanyalah di Pasar Turi atau di Kebun Binatang. namun berbeda untuk masa sekarang ini, beragam objek wisata alam maupun buatan banyak di tawarkan oleh Kota Surabaya. meskipun pasar turi dan kebun binatang disebut - sebut banyak orang sudah tak sepopuler dahulu, tetapi kedua lokasi tersebutlah yang membuat warga Jawa Timur selalu ingat dengan kota ini. karena kedua tempat tersebut adalah saksi perjuangan arek - arek Suroboyo berperang melawan penjajah.

Namun dengan kemajuan ekonomi serta perkembangan jaman, Surabaya yang sekarang menjelma menjadi Daerah Modern, dengan bertebaran banyak taman bunga yang dibalut dengan permainan seru serta memiliki wahana wisata buatan lain seperti waterpark dan pusat perbelanjaan megah yang wajib dikunjungi ketika berada di Surabaya. Selain itu, Pemerintah Kota Surabaya sendiri lagi getol-getolnya membuka Ruang Terbuka Hijau (RTH) dengan total keseluruhan luas taman kurang lebih 400 Hektare untuk menyelamatkan Ibukota Jawa Timur ini dari suhu panas karena kekurangan oksigen akibat banyaknya kesibukan dari aktifitas kerja di kota ini.

Selain sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH), taman - taman tersebut juga menjadi jujukan para warga Surabaya untuk melepas lelah dari aktifitas kerja atau bisa dikatakan tempat buat nyari hiburan yang murah dan mewah selain di tempat - tempat peninggalan sejarah dan tempat perbelanjaan.

Nah, apa saja tempat wisata yang menarik dikunjungi saat liburan di Kota Pahlawan Surabaya, berikut KepengenWisata sudah mengulas 56 daftar tempat wisata terbaru dan juga objek liburan lama di Surabaya yang menarik tahun 2019. agar bisa menjadi analisa sebagai bahan rencana berlibur supaya nantinya anda tidak merasa bingung saat berada di kota ini.

Daftar isi


1. TAMAN SUROBOYO

Yang pertama ada wisata Taman Suroboyo, taman ini tergolong masih baru dan pepohonannya masih belum begitu rindang.

Banyak orang berpendapat, Taman Suroboyo ini di bangun untuk mengenang pertempuran antara kapal perang Inggris dan para tentara Sriwijaya (Sumatera) yang membantu Arek - arek Suroboyo pada 10 November 1945.

Terletak di pesisir laut Pantai Kenjeran Surabaya, membuat taman ini sedap untuk di jelajahi. hembusan angin dari laut bakal menyapa wisatawan saat berkunjung ke Taman Suroboyo ini. selain itu, patung Suro dan Boyo yang bertengger di tengah taman bakal mengundang sudut spot foto menarik buat kenang kenangan.

Wisata Taman Suroboyo sendiri memiliki akses gratis bagi setiap pengunjung yang pengen mencicipi liburan di tempat ini.

Area parkir yang mumpuni serta banyak jajanan yang di jual di kawasan Taman Suroboyo, menjadikan taman ini sebagai favorit baru objek wisata di Kota Pahlawan Surabaya.
Instagram by @rizaldelarocha
Alamat Jl. Pantai Kenjeran, Kelurahan Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya, Jawa Timur.

2. TAMAN APSARI SURABAYA

Sebuah taman yang dulunya bernama KroesenPark ini merupakan taman peninggalan sejarah kolonial belanda. dan sekarang berganti nama menjadi Taman Apsari.

Seiring dengan perkembangan jaman, taman Apsari Surabaya mulai di poles dengan penambahan monumen Gubernur Suryo agar warga Surabaya lebih ingat dengan pemimpin pertama jawa timur ini.

Selain itu, terdapat pula fasilitas area olahraga ringan dan beberapa kursi untuk bersantai. dengan rindangnya bermacam - macam tanaman bakal membuat wisata anda ke tempat ini terasa seru dan menyenangkan meski Taman Apsari letaknya di tengah Kota Surabaya.  
Instagram by @dronegraphysby
Alamat Jl. Gubernur Suryo, Kelurahan Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

3. TAMAN CAHAYA SURABAYA

Terletak di Surabaya Bagian Barat sehingga kawasan ini mudah di akses dari arah Kabupaten Gresik maupun Surabaya kota. Kawasan wisata Taman Cahaya sendiri banyak di fungsikan sebagai area olahraga senam, basket dan sepakbola.

Selain dilengkapi berbagai fasilitas olahraga, kawasan wisata Taman Cahaya juga banyak memiliki spot foto menarik seperti taman dengan berbagai macam bunga serta gazebo untuk tempat bersantai. namun kekurangan pepohonan besar yang menyebabkan wisata Taman Cahaya ini terlalu panas jika di siang hari.

Untuk pendukung liburan, terdapat beberapa makanan yang banyak di jajakan oleh para pedagang agar pengunjung merasa betah berwisata di taman ini. kemudian terdapat pula area parkir yang luas di sepanjang pintu masuk dengan tarif Rp. 2.000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000,- untuk kendaraan roda empat.

Selanjutnya untuk masalah Tiket Masuk wisata, Jika anda pengen berlibur di Taman Cahaya Surabaya ini, tidak perlu memikirkan masalah biaya masuk. karena tempat wisata ini gratis untuk umum.
Instagram by @su_hermanto
Alamat Jl. Raya Pakal, Kecamatan Pakal, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

4. WISATA TAMAN SEJARAH SURABAYA

Sebuah taman wisata dengan konsep pengenalan sejarah Kota Surabaya yang terletak di kawasan kota tua sehingga aroma di sekeliling taman ini kebanyakan bangunan peninggalan jaman kolonial belanda yang masih terjaga.

Di wisata Taman Sejarah ini pengunjung akan menjumpai spot menarik desain modern dengan konsep sejarah seperti biodata tokoh - tokoh pahlawan kemerdekaan yang terpampang di dinding kaca.

Dahulunya, Taman Sejarah lebih di kenal dengan nama Taman Jayengrono, yang mana menurut sejarah ceritanya merupakan tempat tewasnya Jendral A.W.S Mallaby pada 30 Oktober 1945 yang merupakan Pemimpin Tentara sekutu Inggris yang hendak membantu negara kincir angin Belanda kembali menduduki tanah air Indonesia.

Meskipun dikenal dengan kawasan sejarah, ternyata Taman ini juga berhadapan dengan pusat perbelanjaan modern Jembatan Merah Plaza (JMP). yang mana nama Jembatan Merah di ambil dari nama Tempat Pertempuran arek - arek suroboyo ketika melawan penjajah masa lalu.
Instagram by @rahayupe
Pusat keramaian lokasi wisata taman ini terjadi di waktu malam hari. karena nuansa balutan gemerlap lampu hias akan mewarnai tempat Taman Sejarah ini. selain itu, banyak juga para penjual gerobak yang berdagang di pinggir kawasan wisata taman sejarah ini sehingga masalah urusan perut bisa teratasi.

Tak jarang pula kawasan Taman Sejarah Surabaya ini juga digunakan sebagai acara pentas seni sehingga liburan kesini bakal kental akan wisata edukasi yang penuh sensasi.

Nah, Untuk anda yang kepengen liburan di Taman sejarah, jangan mikirin Tiket lagi, sebab taman ini gratis tanpa tiket masuk, tetapi anda hanya perlu memarkir kendaraan dengan biaya bersahabat Rp. 2.000,- bagi kendaraan motor dan Rp. 5.000,- bagi yang bawa kendaraan mobil.

Alamat Jl. Taman Jayengrono, Kelurahan Krembangan Selatan, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

5. TAMAN BUNGKUL SURABAYA

Salah satu taman terpadat jumlah pengunjung di Kota Surabaya yang memiliki luas 900 meter persegi dengan di kelilingi banyak pepohonan sehingga suasana wisata taman bungkul ini terasa rindang dan cocok buat nongkrong sambil mencari inspirasi.

Berlokasi di tengah kota Surabaya serta tak jauh dari terminal wonokromo, membuat Taman Bungkul ini mudah di akses kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Setiap hari, tempat wisata Taman Bungkul tak pernah sepi. apalagi waktu malah hari, pasti banyak pedagang minuman keliling yang bakal nyatronin pengunjung untuk menawarkan barang dagangannya.

Menariknya lagi, wisatawan bisa berlibur secara gratis di Taman Bungkul Surabaya dan hanya membayar parkir kendaraan dengan biaya normal yakni Rp. 2.000,- bagi roda dua, kemudian bagi roda empat Rp. 5.000,-. 
Instagram by @taufiqurrahmanendogh
Alamat Jl. Taman Bungkul, Kelurahan Darmo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

6. TAMAN KOREA SURABAYA

Lagi bingung nyari tempat nyaman, sejuk, gratis dan aman di Surabaya? coba aja, mampir ke Taman Korea Surabaya. anda bisa mengisi keseruan di wisata ini dengan spot monumen yang terdapat di area taman ini.

Selain itu, banyak warga Surabaya yang berkunjung ke Taman Korea ini untuk mengisi aktifitas olahraga ringan jika di pagi hari. dan biasanya waktu malam hari, tempat ini juga sering di buat ngumpul para komunitas anak muda.

Taman Korea Surabaya merupakan taman tanda persahabatan Warga Korea dan Surabaya khususnya. menariknya lagi, di kawasan wisata taman ini di lengkapi CCTV agar para pengunjung lebih aman dari tidak kriminal atau kejadian - kejadian yang tak diinginkan.

Wisata Taman Korea Surabaya sendiri memiliki akses gratis atau setiap pengunjung tidak akan dikenakan biaya masuk. kemudian untuk parkir kendaraan memang terbilang terbatas, karena hanya bisa menampung kendaraan roda dua saja. namun umumnya pengunjung yang membawa kendaraan mobil, bisa memarkir kendaraannya di area ruko pinggir kawasan Taman Korea. 
Instagram by @prayogi_hendri
Alamat Jl. Dr. Soetomo No. 67, Kecamatan Tegalsari, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

7. WISATA TAMAN HARMONI SURABAYA

Selanjutnya ada Taman Harmoni, sebuah Daerah yang dulunya merupakan area pembuangan sampah dan kini di sulap Pemkot Surabaya menjadi taman yang sejuk dan asri. pengunjung bakal menjumpai banyak pohon bambu dan beberapa tanaman bunga yang di tata rapi sehingga pesona taman ini patut anda perhitungkan sebagai destinasi wisata saat berada di Kota Surabaya.

Area taman yang menurut rencananya memiliki ukuran kurang lebih 40 Hektare dan baru di bangun atau bisa dinikmati pengunjung sekitar 8,6 Hektare ini merupakan objek wisata taman terluas di Kota Surabaya. di kawasan Taman Harmoni Surabaya, Pengunjung bakal menjumpai ratusan jenis tanaman yang di tanam dan populasinya akan terus bertambah seiring waktu.

Salah satu diantara area tanaman yang menjadi favorit pengunjung ialah Hutan Bambu Keputih karena pengunjung bisa merasakan kesegaran nuansa pohon bambu yang terkesan rindang dan sejuk sehingga wisatawan dapat dengan mudah menemukan spot instagramable yang hits sebagai kenang - kenangan saat berlibur ke tempat wisata Taman Harmoni Surabaya ini.

Dan lagi - lagi menariknya wisata Taman Harmoni Surabaya ini memiliki akses gratis seperti kebanyakan taman di Surabaya lainnya. dengan kata lain para pengunjung tidak di pungut biaya retribusi masuk wisata. tetapi hanya perlu membayar parkir kendaraan yang terbilang cukup bersahabat yaitu Rp. 3.000 permotor dan Rp. 5.000 untuk mobil.
Instagram by @ini_surabaya
Alamat Jl. Keputih Tegal Timur II No. 249, Kelurahan Keputih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

8. TAMAN PRESTASI (WISATA PERAHU KALIMAS)

Selain menikmati berbagai macam bunga serta taman bermain, berlibur di Taman Prestasi Surabaya para pengunjung juga bisa menikmati wahana tambahan, yaitu permainan air atau menaiki perahu di kali dengan biaya murah meriah kisaran Rp. 4.000,- per orang.

Fasilitas tambahan lain seperti area parkir juga tersedia di kawasan wisata taman prestasi ini dengan tarif per motor Rp. 3.000,- kemudian untuk roda empat Rp. 5.000,-

Selanjutnya untuk jam operasional wisata perahu mengikuti jadwal buka Taman Prestasi, yakni jam 07.00 - 18.00 Wib untuk Weekday dan pukul 07.00 - 21.00 untuk Weekend.

Dan satu lagi, untuk berlibur di Taman Prestasi saja, pengunjung tidak di kenakan biaya tiket masuk wisata alias gratis.
Instagram by @caionugroz
Alamat Jl. Ketabang Kali No. 6, Kelurahan Ketabang, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

9. WISATA KEBUN BINATANG SURABAYA

Bonbin atau Kebun Binatang Surabaya merupakan salah satu tempat wisata legendaris di kota pahlawan. pasalnya objek wisata ini sendiri tak terasa asing di telinga warga Jawa Timur. yang mana tempat wisata ini sering menjadi jujukan para siswa sekolah dasar maupun acara liburan keluarga di Wilayah Jawa Timur.

Berlibur di Kebun Binatang Surabaya bisa dikategorikan wisata edukasi lingkungan alam dan sejarah. karena tempat wisata ini sudah berdiri sebelum negara Indonesia merdeka atau pada masa penjajahan Belanda oleh salah seorang jurnalis pecinta binatang dari negara kincir angin tersebut.

Banyak keseruan yang bisa dilakukan di tempat wisata ini. antara lain, menikmati berbagai macam jenis penangkaran hewan serta menyambangi aquarium ikan. untuk masuk ke ruang aquarium ikan, para pengunjung umumnya akan dikenakan biaya tiket terusan wisata sebesar Rp. 10.000,- lagi oleh pihak pengelola Wisata Kebun Binatang Surabaya.

Kemudian untuk berwisata di Kebun Binatang Surabaya. Pengunjung akan dikenakan biaya Tiket Masuk di loket utama sebesar Rp. 15.000,-.
Instagram by @shiinta_mifta
Alamat Jl. Setail No.1, Kelurahan Darmo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

10. TAMAN PELANGI SURABAYA

Julukan seribu taman pada Kota Surabaya memang terasa nyata, pasalnya setiap orang tidak akan merasa kesulitan untuk menemukan sebuah wisata taman. seperti halnya taman pelangi yang terletak di area Jl. Ahmad Yani ini. menjadi sebuah tempat rekreasi di tengah kota yang menyenangkan buat nongkrong sambil menikmati taman air mancur.

Untuk berwisata di Taman Pelangi ini, para pengunjung akan merasa nyaman dan tentram, karena kawasan taman ini selalu di jaga beberapa Satpol PP. sehingga acara wisata anda lebih aman dan seru. tetapi untuk mencari sebuah penjual makanan atau minuman, para pengunjung akan kesulitan karena para penjual tidak diperbolehkan berjualan di area wisata Taman Pelangi ini. alternatifnya pengunjung harus membawa makanan dan minuman sendiri.

Umumnya tingkat keramaian Taman Pelangi Surabaya terjadi pada malam hari, dimana banyak remaja yang ngumpul sambil menikmati gemerlap air mancur berwarna - warni. 

Taman Pelangi juga sama seperti halnya taman - taman (RTH) Kota Surabaya lainnya, dimana kebanyakan memiliki akses gratis tanpa biaya tiket masuk.

Kemudian untuk area parkirnya sendiri terbilang cukup ideal, dimana pengunjung hanya dikenakan biaya parkir Rp. 3.000 untuk roda dua dan Rp. 5.000 untuk kendaraan mobil.
Instagram by @josefrafaelpalma
Alamat Jl. Ahmad Yani No. 138, Kelurahan Gayungan, Kecamatan Gayungan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

11. TAMAN FLORA (KEBUN BIBIT)

Salah satu taman yang memiliki akses gratis di surabaya ini menjadi primadona berlibur para wisatawan Kota surabaya. wisata Taman Flora merupakan kebun bunga dan penangkaran beberapa hewan.

Memiliki luas lebih dari 2 hektare lahan, membuat pengunjung yang berwisata ke Taman Flora di surabaya ini merasa leluasa berjalan - jalan mengitari perkebunan atau menikmati berbagai macam jenis bunga menawan dan pastinya bakal memunculkan beragam sudut spot menarik yang tak terlupakan. sehingga tak heran jika yang berlibur ke tempat wisata ini tergolong merata dari yang anak - anak, remaja hingga orang dewasa.

Berbagai macam fasilitas yang bisa di nikmati para wisatawan antara lain Akses Free Wifi, Toilet, Musholla untuk beribadah, bangunan pendopo dan area parkir yang luas dengan tarif perkendaraan motor Rp. 3.000 dan untuk kendaraan berjenis mobil Rp. 5.000,- tarif tersebut tergolong harga yang ramah.

Fasilitas pendukung lainnya juga terdapat di kawasan wisata Taman Flora, seperti Kantin yang menjual beberapa menu makanan agar tubuh selalu semangat menikmati keseruan berlibur.
Instagram by @chiesri
Alamat Jl. Raya Manyar No. 80 A, Kelurahan Baratajaya, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya. Jawa Timur.

12. TAMAN MUNDU SURABAYA

Taman Gelora Sepuluh November atau biasa orang menyebutnya Taman Mundu, merupakan taman yang terletak persis di seberang Stadion Sepuluh November Surabaya. dan taman ini sendiri memiliki akses gratis bagi setiap pengunjung.

Keseruan yang bisa dilakukan di area wisata taman mundu ialah menikmati kolam air mancur serta kehijauan beberapa tanaman bunga. jadi sangat cocok sebagai alternatif mencari keteduahan saat cuaca Kota Surabaya lagi panas.

Hal keseruan lain jika berlibur ke Taman Mundu Surabaya ini adalah dengan buah hati atau anak - anak. karena pada sore sampai malam pukul 21.00 bakal ada beberapa permainan anak seperti odong - odong, andong dengan tarif terjangkau serta berbagai penjual makanan dan minuman menjadi pelengkap nuansa liburan bersama anak - anak lebih seru.

Untuk fasilitas parkir di kawasan wisata Taman Mundu Surabaya ini memang tersedia secara khusus. namun hanya sanggup menampung beberapa kendaraan saja. tapi tenang, jika parkiran lagi penuh, anda bisa memanfaatkan jasa parkir disepanjang trotoar gelora sepuluh november dengan tarif normal yaitu Rp. 3.000,- permotor dan 5.000,- permobil.
Instagram by @amal_muraji
Alamat Jl. Juwet, Kelurahan Tambaksari, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya, Jawa Timur.

13. SKATE - BMX PARK SURABAYA

Wisata taman yang di dominasi permainan skateboard dan sepatu roda atau bisa dibilang memiliki lintasan permainan papan seluncur dan tergolong permaianan anak ABG yang hits serta memiliki akses gratis bagi setiap pengunjung atau tanpa biaya tiket masuk.

Meski rata - rata pengunjung merupakan para skateboarding, tetapi taman ini juga memiliki Tugu Suro dan Boyo serta beberapa tanaman bunga. sehingga suasana di area Skate & BMX Park terasa menyenangkan buat nongkrong sambil hunting spot foto menarik bersama teman atau pasangan.

Fasilitas seperti parkir di area Skate & Bmx park memang tidak tersedia khusus, namun umumnya para pengunjung memarkir kendaraan mereka di area parkir Plaza Mall Surabaya karena sejatinya letak objek wisata ini berdekatan dengan Plaza Mall.

Disisi lain, Derasnya aliran sungai kalimas yang berada di pinggir kawasan Skate and Bmx Park bakal membuat liburan anda terasa menyenangkan. 
Instagram by @arrif.m
Alamat Embong Kali Asin, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

14. TAMAN ANGSA SURABAYA

Area Taman sebuah kawasan perumahan elite di surabaya ini mampu memikat beberapa orang untuk berkunjung, karena selain menikmati desain menarik taman, para pengujung juga bisa langsung bercengkama dengan memberi makan beberapa hewan seperti angsa dan entok serta ikan yang berada di kolam Taman Angsa ini.

Meski Taman Angsa Surabaya ini memiliki akses gratis untuk umum, tetapi pengunjung di batasi jam buka taman. yakni di jam 06.00 pagi sampai jam 09.00 pagi dan di buka kembali pada pukul 15.00 sampai dengan 17.00 sore menjelang malam.

Kebanyakan pengunjung memanfaatkan tempat wisata Taman Angsa ini untuk menikmati keseruan bermain dengan hewan yang ada di Taman ini. namun untuk berfoto di tempat ini, umumnya harus izin ke pihak scurity terlebih dahulu. karena Taman Angsa ini merupakan kawasan perumahan elit yang terjaga privasinya dengan tujuan untuk meminimalisir tindakan mata - mata dari orang tertentu.
Instagram by @papaoty
Alamat Jl. Pakuwon Indah Lontar Timur, Kelurahan Lidah Wetan, Kecamatan Lakarsantri, Kota Surabaya, Jawa Timur.

15. TAMAN EKSPRESI SURABAYA

Bagi yang hobi baca buku sambil menikamati kesejukan taman, tak ada salahnya jika mencoba menjelajah ke Taman Ekspresi Surabaya. karena di kawasan wisata Taman ini terdapat sebuah perpustakaan dengan berbagai macam buku bacaan serta memiliki akses gratis bagi pengunjung.

Letak area taman yang berhadapan dengan Dinas Pendidikan Jawa Timur dan langsung bersebelahan dengan aliran sungai kalimas, membuat suasana Taman Ekspresi ini terasa nyaman dan penuh dengan aroma pendidikan yang cocok untuk di singgahi bagi para pelajar ataupun kalangan umum yang ingin menambah wawasan membaca buku sambil berwisata.

Fasilitas pendukung yang tersedia di Taman Ekspresi Surabaya antara lain, area parkir dengan tarif Rp. 3.000 permotor, kemudian untuk kendaraan mobila Rp. 5.000,- 
Instagram by @prayogi_hendri
Alamat Jl. Genteng Kali No. 67, Kelurahan Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

16. WISATA KENJERAN PARK SURABAYA

Setelah puas liburan mengelilingi taman di Kota Surabaya, anda bisa menengok kemegahan wisata Kenjeran Park (KenPark). objek wisata ini merupakan hasil pemekaran wilayah dari Kenjeran Lama.

Cerita kenjeran lama mungkin masih terdengar di telinga, tapi tak sefamiliar dalulu kala. karena wisata kenjeran kini sudah di belah menjadi 2 (dua) wilayah. yakni Kenjeran Park yang di kelola oleh pihak swasta dan Kenjeran Lama yang di kelola oleh Pemkot Surabaya.

Banyak keseruan yang bisa dilakukan di kawasan wisata Kenpark Surabaya ini, diantaranya  mengunjungi bangunan Pagoda Tian Ti, Budha empat wajah dan Klenteng sanggar agung dengan Tiket Masuk Rp. 15.000,- dan biaya tiket tersebut sudah termasuk parkir kendaraan yang anda bawa. umumnya bayak anak remaja yang memanfaatkan bangunan agama tersebut sebagai area berfoto saat liburan. 

Setelah puas dengan wahana bangunan budaya keagamaan tersebut, anda bisa melanjutkan permainan air seru, yakni di Atlantis Land dengan Tiket Terusan senilai Rp. 100.000,- saat Weekday dan Rp. 120.000,- saat Weekend.

Di dalam Atlantis Land pengunjung bisa menikmati banyak wahana waterpark seperti permainan boomerang slide, Dino saurus land dan lain - lain seperti gambar dibawah ini.

Nah, untuk urusan konsumsi, dikawasan wisata KenPark Surabaya bakal banyak kantin yang menyediakan makanan siap saji bagi para pengunjung. sehingga acara liburan anda bisa lebih nyaman.
Instagram by @dronegraphysby
Alamat Jl. Sukolilo No. 100, Kelurahan Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

17. SUROBOYO CARNIVAL & KIDS PLAY

Masih belum puas dengan keseruan berwisata di Surabaya? Nih, ada lagi wisata paling seru buat di datengin sama pasangan, apalagi buat nembak seseorang. namanya Suroboyo Carnival & Kids Play dan letaknya berada di Wilayah perbatasan Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo atau Surabaya bagian Selatan.

Suroboyo Carnival Park & Kids Play merupakan wisata yang buka mulai sore jam 15.00 Wib sampai malam hari jam 24.00 Wib atau konsepnya seperti pasar malem, dengan berbagai macam wahana permainan yang seru serta memiliki banyak tempat selfie atau spot foto menarik sehingga liburan anda penuh sensasi yang tak terlupakan.

Dari banyaknya objek permainan keluarga dan anak yang di suguhkan Suroboyo Carnival & Kids Play, rasa - rasanya pengunjung tak akan cukup untuk menikmati berbagai wahana yang di suguhkan dalam sekali kunjungan.

Selain itu, gemerlap lampu yang menghiasi Carnival Park pada malam hari, akan membuat suasa hati terkesan romantis dan menyenangkan untuk mengisi waktu malam hari di Kota Surabaya.

Bagi anda yang pengen berlibur ke Suroboyo Carnival Park & Kids Play, maka anda akan dikenakan tiket masuk di loket utama seharga Rp. 25.000,- perorang.

Kemudian untuk menikmati berbagai macam wahana Suroboyo Carnival & Kids Play maka ada 2 (dua) pilihan yaitu ; 
  • Membeli permainan satu - persatu yang harganya kisaran Rp. 10.000,- sampai Rp. 70.000,- per wahana permainan. 
  • Atau langsung membeli Tiket Terusan senilai Rp. 120.000,-. Tiket terusan tersebut mencakup 80% wahana yang ada di tempat wisata ini dan selebihnya 20% merupakan wahana berbayar.

Nah, dari tiket terusan senilai Rp. 120.000,- tersebut pengunjung setidaknya bisa menikmati kurang lebih 40 jenis permainan, seperti permainan yang cocok buat keluarga yaitu Pirate Ghost Ship, Motor Edan, Selfie House, Sepor Sirkus, Galeri Surabaya, Bumper Car, Keliling angkasa, Art and Wax House dan juga banyak permainan anak seperti contohnya Baby Wheel, Mini Jet, Frog Hopper dan lain - lain.

Fasilitas pendukung yang terdapat di Surabaya Carnival Park & Kids Play diantaranya Toilet, Kantin, Toko aksesoris, Gazebo serta lahan parkir yang luas. untuk info lengkap mengenai perubahan jenis wahana dan harga wahana, anda bisa mengakses situs resminya www.suroboyocarnival.com atau di akun FB - Suroboyo Carnival Night Market.
Instagram by @suroboyocarnival
Alamat Jl. Ahmad Yani No. 333, Kelurahan Dukuh Menanggal, Kecamatan Gayungan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

18. CIPUTRA WATERPARK SURABAYA

Wisata taman bermain air Ciputra Waterpark yang berdiri sejak tahun 2005 ini sangat populer di Kota Surabaya dan menjadi sasaran destinasi wisata keluarga yang seru, karena banyak wahan permainan yang di tawarkan dari kalangan anak - anak hingga dewasa.

Salah satu permainan orang dewasa yang paling digemari ialah Roc Tower, yang mana seseorang akan melunjur melalui papan seluncur yang berbelok -belok dari atas ketinggian 15 meter. 

Kemudian ada juga wahana favorit buat liburan keluarga yaitu Syracus Beach, di tempat ini wisatawan bakal menikmati kolam renang berombak layaknya di pantai, rata - rata wisatawan memanfaatkan penyewaan pelampung yang tersedia untuk melengkapi keseruan bermain air.

Selanjutnya untuk wahana bermain anak - anak, terdapat sebuah wahana bernama Chimera Pool, beragam air mancur serta permainan mini bakal membuat si buah hati merasa bahagia. selain itu, masih banyak lagi wahana permainan air yang seru untuk di coba bersama keluarga saat liburan di Ciputra Waterpark.

Nah, Untuk masalah tiket masuk, setiap pengunjung akan dikenakan biaya di pintu loket wisata sebesar Rp. 110.000 saat Weekday dan Rp. 130.000,- saat Weekend atau hari libur nasional.

Dari harga tiket yang terbilang tidak murah tersebut, pastinya ngak akan membuat anda kecewa, karena keseruan bersama keluarga bakal terasa penuh sensasi yang menyenangkansaat liburan.

Fasilitas tambahan seperti kantin, toilet, gazebo dan area parkir yang luas bakal membuat liburan anda ke tempat ini terasa nyaman. selain itu, harga tiket awal sudah termasuk biaya parkir kendaraan yang anda bawa.
Instagram by @dronegraphysby
Alamat Kelurahan Made, Kecamatan Sambikerep, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

19. COLOSSEUM SURABAYA (WISATA BUKIT MAS)

Colosseum merupakan salah satu serangkaian objek yang ada di wisata bukit mas Surabaya yang paling diburu oleh para remaja untuk mengabadikan pengambilan foto, pasalnya di tempat ini terdapat sebuah bangunan berarsitektur menara pizza mirip di Roma Italia serta patung yang dibalut dengan air mancur sehingga acara wisata terkesan di eropa.

Selain itu wisatawan yang datang juga bisa menikmati wahana kolam renang serta taman bersantai yang di hadirkan oleh pihak pengelola wisata bukit mas.
Image Source - puteramentari.com
Alamat Jl. Lidah Bukit Mas Timur, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

20. MUSEUM SIOLA SURABAYA

Salah satu museum tertua di Surabaya yang berkonsep pengenalan sejarah para pemimpin jaman dahulu sampai sekarang.

Sebuah bangunan lama dengan adanya monument perjuangan di depan museum menjadi cerita sejarah dimana letak pasukan arek - arek suroboyo menghalau serangan tank militer inggris yang hendak meratakan Kota Surabaya pada November 1945.
Instagram by @astrisosang
Alamat Jl. Tunjungan No. 1, Kelurahan Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

21. MUSEUM KESEHATAN SURABAYA

Ada tempat unik di Surabaya, yakni di Museum Kesehatan. yang mana merupakan pengenalan tentang dunia non medis seperti ilmu santet dan beberapa peralatan serta cara penanganannya.
Instagram by @josefrafaelpalma
Alamat Jl. Indrapura No. 17, Kelurahan Kemayoran, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

22. MUSEUM HOUSE OF SAMPOERNA

Begitu familiar nama Sampoerna di telinga rakyat negeri, sebuah pabrik rokok yang terlahir dari sebuah bangunan bekas panti asuhan jaman kolonial belanda yang di akusisi sebelum indonesia merdeka yakni pada tahun 1932 oleh pendiri pertamanya Liem Seeng Tee asal negeri tiongkok yang akhirnya menetap di Surabaya.

Bangunan museum yang kental akan sejarah ini memiliki halaman yang luas yang di desain dengan taman dan cafe & resto serta terdapat pula fasilitas seperti musholla, toilet, sehingga wisata jalan - jalan di museum house of sampoerna (HOS) akan terasa seru dan menyenangkan.

Fasilitas pendukung seperti area parkir bakal tersedia di kawasan house of sampoerna Surabaya dan bebas biaya parkir bagi setiap pengunjung yang ingin berwisata di museum ini.

Dan hal menarik dari museum house of sampoerna surabaya ini yaitu memiliki akses gratis bagi setiap wisatawan, kemudian keseruan lainnya yaitu para wisatawan akan mendapat tiket free di depan pintu jika beruntung tiket belum habis, kegunaan tiket tersebut yaitu untuk menaiki bus keliling kota sejarah di Surabaya yang disediakan secara gratis tanpa biaya.
Instagram by @faridaintan
Alamat Area Taman Sampoerna No. 6, Kelurahan Krembangan Utara, Kecamatan Pabean Cantian, Kota Surabaya, Jawa Timur.

23. TUGU PAHLAWAN SURABAYA

Bangunan tugu yang berdiri sejak tahun 1952 ini merupakan sebuah monumen bersejarah bagi Kota Surabaya.

Tujuh tahun setelah agresi pertempuran pada 10 November 1945 monumen ini didirikan untuk mengenang perjuangan para pahlawan yakni arek - arek suroboyo pada peristiwa peperangan melawan bangsa sekutu Inggris pembantu Belanda yang ingin kembali ke indonesia khususnya di Surabaya.

Untuk saat ini, Monumen kebanggaan warga Surabaya ini banyak menjadi jujukan para wisatawan yang ingin merasakan aroma sejarah. selain itu, taman yang mengitari Tugu Pahlawan ini sering menjadi lokasi favorit para remaja untuk sekedar ngumpul bercengkrama untuk menghilangkan suntuk pikiran dari keramain kota. 
Instagram by @uav.team
Alamat Jl. Bubutan, Alun - Alun Contong, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

24. MUSEUM SEPULUH NOVEMBER

Setelah bermain di taman Tugu Pahlawan Surabaya, anda bisa mampir ke Museum 10 November Surabaya ini. Letaknya berada di bawah tanah atau bersebelahan dengan Tugu Pahlawan.

Beragam hal menarik yang bisa di lakukan di Museum sepuluh November adalah melihat banyak benda peninggalan jaman penjajahan bangsa Belanda. seperti sejata dan foto - foto rekaman masa lampau yang pastinya cocok buat wisata edukasi para pelajar negara ini, agar selalu ingat susahnya perjuangan para pahlawan dalam merebut sebuah kemerdekaan.
Instagram by @novenovii
Alamat Jl. Pahlawan, Alun - Alun Contong, Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

25. GEDUNG CERUTU SURABAYA

Bukan aroma batang rokok yang akan tercium pada cerita gedung cerutu Surabaya ini, melainkan sebuah bangunan sejarah peninggalan jaman belanda yang dahulunya merupakan bekas pabrik gula yang saat ini dijadikan sebagai cagar budaya oleh pemkot Surabaya.

Meskipun hanya sebuah bangunan kuno, anda bisa memanfaatkannya sebagai tempat berfoto berlatar sejarah klasik tempo dulu. 
Instagram by @arrif.m
Alamat Jl. Rajawali No. 7, Kelurahan Krembangan Selatan, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

26. MAKAM EEREVELD SOERABAJA

Mungkin tak banyak dari kita yang teringat kisah perebutan kekuasaan Belanda oleh Jepang sebelum tahun 1945. nah, di tempat ini anda bakal melihat sejarah kelam berupa pemakaman tentara angkatan laut bangsa sekutu belanda.

Pada februari 1942 Negara Jepang mendarat di Negara Indonesia dengan tujuan merebut beberapa pulau Indonesia dari jajahan Belanda, namun semua berakhir dengan peperangan di lautan pulau jawa yakni antara negara Belanda dan Jepang yang akhirnya dimenangkan oleh negara sekutu Jepang.

Banyak kapal perang Belanda yang tenggelam di Laut Jawa, kemudian sebagian ada pula yang mundur ke tanjung priok Surabaya dan akhirnya tewas terkena serangan tentara jepang, dan di pemakaman ereveld soerabaja kembang kuning inilah para pasukan Belanda yang gugur di kebumikan dan sampai sekarang masih terjaga untuk tempat berziarah para warga belanda.

Menengok ke masa lampau, tempat ini banyak menjadi jujukan wisata para pemburu foto dengan background berlatar sejarah.
Instagram by @krjelajahsejarah
Alamat Jl. Makam Kristen Kembang Kuning Kulon Atas No. 1, Kota Surabaya, Jawa Timur.

27. PENJARA KALISOSOK SURABAYA

Tempat penahanan para pemberontak bangsa sekutu Belanda pada masa penjajahan yang di kenal seram dan masih terjaga sebagai cagar budaya di Surabaya.

Banyak para pahlawan kemerdekaan yang jaman dahulukala pernah mecicipi penjara dengan ruang bawah tanah ini, dan sekarang tempat ini sedikit di desain warna warni bagian dindingnya agar aura seramnya luntur.

Meski terkenal angker, namun nyatanya tempat ini banyak di eksplore wisatawan yang sengaja datang untuk mencari sudut spot foto menarik bertema sejarah Surabaya.
Instagram by @riorodi
Alamat Jl. Kasuari No. 05, Kelurahan Krembangan Selatan, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

28. BENTENG GUDANG PELURU

Setelah indonesia merdeka kemudian bangsa jepang meninggalkan indonesia, tempat peninggalan bangsa tirai bambu inilah yang pada waktu 26 Oktober hingga 10 November Tahun 1945 dimanfaatkan oleh arek - arek Surabaya sebagai tempat penyimpanan senjata ketika Inggris ingin membantu Belanda mencicipi kekayaan negara republik indonesia tercinta.

Menurut ceritanya, gudang peluru atau sering orang menyebutnya dengan kedung cowek ini berperan dalam pertempuran dua minggu lebih untuk melawan pasukan inggris pimpinan jendral A.W.S. Mallaby yang kala itu menjadi pembantu belanda untuk kembali bereuni menjajah negara indonesia khususnya di Surabaya setelah jepang mundur dari tanah indonesia.

Dan puncak pertempuran itu di picu karena tewasnya Jendral Mallaby sang pemimpin pasukan inggris, sehingga peperangan itu tak terhentikan.

Letak benteng peluru ini sendiri tak jauh dari pantai kenjeran lama, karena sejatinya tempat ini merupakan tempat strategis mengintai kapal perang inggris yang menyerang Kota Surabaya.

Dan untuk saat ini tempat cagar budaya peninggalan ini kini selalu di jaga oleh oknum tentara, umumnya para pengunjung yang datang berwisata edukasi harus izin terlebih dahulu.
Instagram by @rachmad_juliantono
Alamat Kelurahan Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

29. MUSEUM DE JAVASCHE BANK

Salah satu tempat wisata edukasi di Surabaya yang memiliki akses gratis bagi pengunjung ialah museum Bank Indonesia atau yang dahulunya bernama De Javasche Bank dan merupakan cagar budaya peninggalan bangsa Belanda.

Selain berselfie ria di berbagai sudut bangunan De Javasche Bank yang berdesain classic, para wisatawan juga bakal menjumpai berbagai macam mata uang kuno jaman penjajahan serta beberapa perlatan kuno yang pernah di pakai ketika bank ini beroperasi dahulu kala.

Terletak di Kelurahan Krembangan Selatan, membuat De Javasche Bank mudah di akses dengan kendaraan pribadi maupun umum, serta lokasinya tak jauh dari Jembatan Merah Surabaya yang hanya berkisar 350 meter saja.

Sebagai info tambahan, jika anda tertarik berkunjung ke museum di Surabaya ini, harap selalu cek tanggal kalender, karena museum ini memiliki hari tutup, yakni hari senin dan tanggal merah lainnya yang berhubungan dengan libur nasional.
Instagram by @yulliantz
Alamat Jl. Garuda No. 1, Kelurahan Krembangan Selatan, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

30. MONUMEN KAPAL SELAM

Pernah mendengar sebuah cerita pembebasan Irian Barat dari tangan bangsa sekutu Belanda? nah, kapal selam ber tipe pasopati 410 ini pernah menjadi kesatria dalam pertempuran Irian Barat pada awal tahun 1962 di perairan Arafuru atau lebih akrab ditelinga dengan sebutan Laut Aru yang terletak di selatan pulau Papua.

Selanjutnya kapal selam ini sengaja di rawat dan di pensiunkan sebagai simbol keberanian pasukan indonesia kala melawan pasukan Belanda. selain melihat sebuah kapal selam sejarah, wisatawan juga bisa mengunjungi museum berkonsep pemutaran film peperangan di Laut Aru yang berada di kawasan Monkasel atau monumen kapal selam ini.

Untuk berwisata di Monkasel ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk senilai Rp. 10.000,- per orang.
Instagram by @nikkijoelauda
Alamat Jl. Pemuda No. 39, Kelurahan Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

31. MONUMEN PERS PERJUANGAN

Banyak sejarah yang terkandung pada bangunan tua ini. Singkat cerita, Bangunan Monumen Pers Surabaya ini dulunya merupakan sebuah toko peninggalan bangsa Jepang yang pada akhir detik - detik kemerdekaan Republik Indonesia (RI) mulai ditinggalkan oleh negara tirai bambu tersebut. yang kemudian di tempati oleh para wartawan indonesia sebagai kantor "Berita ANTARA" Cabang Surabaya.

Pada saat setelah Indonesia merdeka, Kantor Berita ANTARA ini berperan penuh dalam penyiaran kemerdekaan Republik Indonesia kepada Warga Pribumi khususnya dan sampai ke beberapa negara asing pada umumnya. sehingga kemerdekaan negara  RI ini diketahui dan di akui oleh penjuru dunia.

Oleh sebab itu, bangunan bekas kantor berita perjuangan ini kini menjadi salah satu cagar budaya yang di lindungi oleh Pemerintah Surabaya.
Source - situsbudaya.id
Alamat Jl. Embong Malang No. 2, Kelurahan Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

32. PURA AGUNG JAGAT KARANA

Selain terdapat pusat perbelanjaan, cagar budaya dan juga taman yang beragam. ternyata di Surabaya juga terdapat sebuah pura yang bernama Jagat Karana, jenis bangunan yang merupakan tempat peribadahan umat Hindu ini memiliki arsitektur seperti halnya bangunan di Bali.

Meski sebuah tempat ibadah agama, tetapi anda bisa mengunjungi pura ini secara gratis asalkan meminta izin ke pihak keamanan terlebih dahulu karena tempat ini memiliki batasan - batasan area bagi umat non Hindu.

Terlebih lagi, bangunan pura yang terbilang cukup menarik ini bisa anda manfaatkan untuk hunting spot instagramable yang hits ketika liburan. selain untuk refreshing, pengunjung juga dapat menambah wawasan akan budaya keagamaan khususnya di Kota Surabaya.
Instagram by @chassanova88
Alamat Jl. Ikan Lumba - Lumban No. 1, Kelurahan Perak Barat, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

33. KAMPUNG KUNGFU KAPASAN

Jika anda penggemar hero chou wataw - wataw game mobile legend atau bruce lee, ngak perlu jauh - jauh ke Hongkong, cukup mampir ke kampung kungfu kapasan di surabaya ini aja.

Di kampung kungfu ini anda bakal menjumpai banyak pemuda yang berlatih kungfu, khususnya pada malam hari di pinggir jalanan. selain itu, di kampung kungfu ini sering di adakan festival bela diri untuk memperkenalkan wisata kebudayaan mandarin yang ada di Surabaya.
Instagram by @sen_ahmad
Alamat Kelurahan Kapasan, Kecamatan Simokerto, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

34. MASJID CHENG HOO SURABAYA

Memiliki wajah tampilan mandarin yang menarik membuat salah satu tempat ibadah umat Islam bernama Masjid Mohammad Cheng Hoo ini sering menjadi jujukan orang yang sekedar ingin menambah pengetahuan dan juga jujukan bagi kalangan muslim yang ingin beribadah.

Diresmikan pada tahun 2003, pembangunan masjid ini di motori oleh kalangan umat muslim China yang bekerjasama dengan beberapa organisasi Islam di Surabaya. selanjutnya, nama Cheng Hoo diambil dari nama tokoh bangsa muslim China yang menjadi penyebar agama Islam di beberapa kawasan Asia melalui berdagang seperti Nabi Muhammad S.A.W.
Instagram by @kentlimx
Alamat Jl. Gading No. 2, Kelurahan Ketabang, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

35. KYA KYA SURABAYA

Kawasan mandarin yang terkenal dengan nama Kya - kya yang berarti jalan - jalan dalam bahasa mandarin merupakan lokasi yang dulunya tak pernah sepi. beragam aneka masakan bangsa tiongkok dan juga souvenir yang di jajakan pada waktu itu, membuat tempat ini selalu ramai dan terkenal.

Namun seiring jaman serta tata ruang kota yang berkembang, kya - kya telah resmi di tutup, namun meski begitu tempat ini masih menjadi favorit para pemburu nuansa bangunan percinaan khususnya yang hobi jalan - jalan di kawasan unik mandarin. 
Instagram by @arrif.m
Alamat Jl. Kembang Jepun, Kelurahan Bongkaran, Kecamatan Pabean Cantikan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

36. JEMBATAN SURAMADU

Salah satu Jembatan Nasional penghubung antara Pulau Madura dan Pulau Jawa (Suramadu), meski lebih di fungsikan sebagai jalan sebuah kendaraan, namun banyak orang yang memanfaatkan Jembatan Suramadu ini sebagai tempat wisata jalan - jalan di Surabaya sambil menikmati pesona lautan dari atas jembatan.
Instagram by @mohammedfarras
Alamat Jalan Tol Suramadu, Kelurahan Tambak Wedi, Kecamatan Kenjeran, Kota Surabaya, Jawa Timur.

37. MASJID AL-AKBAR SURABAYA

Instagram by @morizkystwn
Alamat Jl. Pagesangan Baru, Kelurahan Pagesangan, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

38. GELORA SEPULUH NOVEMBER

Subuah stadion bersejarah pasukan Green Force yang dulu menjadi markas tim olahraga bangsa belanda kala masa penjajahan. selain sebagai tempat olah raga, stadion tambak sari tercatat pernah menjadi tempat musyawarah para bangsa sekutu dalam masa penjajahan belanda maupun jepang. meski tergolong bangunan tua, pemkot Surabaya saat ini terus mengelola dan merenovasi beberapa desain bangunan agar tak layu akan kekokohannya. dan untuk saat ini stadion peninggalan bangsa sekutu ini menjadi cagar budaya yang terus dijaga.

Sebuah keseruan bila anda berkesempatan bisa mengunjungi gelora sepuluh november Surabaya ini, selain pesonanya yang klasik, para pengujung bisa menambah wawasan tentang jejak sebuah cerita kota Surabaya.
Instagram by @asaljepretbahagia
Alamat Jl. Tambaksari, Kelurahan Tambaksari, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur.

39. HUTAN KOTA BALAS KLUMPRIK

Salah satu dari sekian banyak ruang terbuka hijau (RTH) yang di bangun oleh pemerintah Surabaya yaitu Hutan Kota Balas Klumpik, merupakan tempat jalan jalan di surabaya berkonsep alam kehijauan yang asri dan menyenangkan.
Instagram by @gregorius.aditya.pn
Alamat Jl. Balas Klumprik, Kelurahan Balas Klumprik, Kecamatan Wiyung, Kota Surabaya, Jawa Timur.

40. EKOWISATA MANGROVE WONOREJO

Mencari Keteduhan dan ketenangan untuk mengusir rasa stres fikiran memang butuh tempat yang sejuk kealamian serta jauh dari keramaian, hal tersebut bisa anda lakukan dengan menyambangi sebuah objek wisata Mangrove Wonorejo yang ada di Surabaya ini.

Banyak keseruan selain refreshing, antara lain hunting view spot foto menarik sebagai galeri kenangan saat liburan bersama pasangan atau keluarga di Surabaya.

Untuk jam buka wisata mangrove, mulai jam 08.00 pagi hingga 17.00 sore menjelang malam. kemudian ada juga wahana favorite yang tidak boleh terlewatkan ialah menyewa sebuah kapal untuk mengelilingi kawasan mangrove dengan biaya sewa berkisar Rp. 25.000,-. tetapi jika anda hanya ingin menikmati suasana jalan - jalan dari dek panggung kawasan mangrove saja, anda tidak akan dikenakan biaya masuk atau free akses.
Instagram by @mai_alessa
Alamat Jl. Raya Wonorejo, No. 1, Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur.

41. PANTAI KENJERAN LAMA SURABAYA

Wisata Kenjeran Lama sepertinya tak dapat di pisahkan dari kota Surabaya, pantai kenjeran yang dulu begitu ramai pengunjung kini mungkin tak sepadat dahulu sebelum pemekaran wilayah dengan Kenjeran Park yang dikelola pihak swasta.

Meski begitu, wajah cerah kenjeran lama ini tak pernah muram di telan jaman, selalu ada ketenangan di tempat ini, sunset serta udara segar laut bakal selalu menyapa para wisatawan yang berlibur di Pantai Ria Kenjeran lama ini.

Keseruan wahana tambahan yang bisa anda nikmati di Kenjeran Lama ini ialah menaiki Perahu mengeliligi pulau kecil pasir putih dengan biaya kurang lebih Rp 20.000,- per satu orang. umumnya wahana perahu ini menjadi favorit para pengunjung ketika liburan bersama keluarga.

Adapula Fasilitas seperti area parkir khusus bagi wisatawan dengan tarif roda dua Rp 5.000,- dan kendaraan berjenis mobil Rp. 10.000,-

Kemudian untuk berwisata di Pantai Ria Kenjeran Lama ini, anda hanya perlu merogoh kocek Rp. 10.000,-.
Instagram by @slarissaerinna
Alamat Jl. Raya Pantai Lama, Kelurahan Kenjeran, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya, Jawa Timur.

42. KAMPUNG WARNA WARNI SURABAYA

Setelah dari wisata pantai kenjeran lama, anda bisa menyempatkan menyambangi sebuah kampung yang terletak di sebelah kenjeran lama, cerita sebuah kesadaran warga yang dahulunya merupakan kampung kumuh dan kini di sulap cantik dengan desain warna - warni, sehingga wisata jalan - jalan di Surabaya akan terasa lengkap penuh keunikan yang tak terlupakan saat anda menentukan  Surabaya sebagai kota tujuan berwisata.
Instagram by @vianvernanda
Alamat Kelurahan Bulak, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

43. JEMBATAN MERAH SURABAYA

Tempat bersejarah yang namanya populer di kalangan banyak penjuru negeri, karena sejatinya tempat jembatan merah Surabaya sering di ulas pada sebuah sejarah perjuangan Indonesia.

Pesona Jembatan Merah Surabaya memang tidah terlalu megah, namun jembatan ini menyimpan banyak fakta kenangan saat perjuangan masa kelam bangsa ini. selain itu, sekeliling jembatan merah yang rata - rata merupakan bangunan cagar budaya peninggalan penjajah, bakal membuat nuansa liburan anda ke tempat ini penuh rasa wisata edukasi yang bisa buat nambah wawasan sambil hunting foto atau jalan - jalan di Surabaya.
Instagram by @itdhamayanti
Alamat Jl. Kembang Jepun No. 192, Kelurahan Nyamplungan, Kecamatan Pabean Cantikan, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

44. SURABAYA NORTH QUAY

Ke Surabaya belum lengkap rasa - rasanya kalau ngak mampir ke North Quay atau pelabuhan penumpang tanjung perak, Surabaya North Quay adalah tempat hits yang lagi di ngetrend di kalangan anak muda, umumnya tempat ini di buat berburu foto dengan view pinggir laut sambil nongkrong memandang Pulau Madura di seberang lautan serta hunting panorama terbenamnya matahari pada waktu pagi dan sore hari.

Beberapa fasilitas yang tersedia di Surabaya North Quay antara lain, area parkir yang luas, Musholla, Area Cafe.
Image - arga puspita aji
Alamat : Kelurahan Perak Utara, Kecamatan Pabean Cantikan, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Tiket Masuk : Rp. 10.000,-

45. WATER FUN PLAZA MARINA

Image - riesha amalia
Alamat : Kawasan Plasa Marina, Jl. Margorejo Indah Utara No. 97 - 99, Kelurahan Sidosermo, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Tiket Masuk : Rp. 20.000,-

46. KOLAM RENANG ATLAS SPORT CLUB SURABAYA

Image - m.privilege.jawapos.co.id
Alamat : Jl. Dharma Husada Indah Barat III No. 64, Kelurahan Mojo, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Tiket Masuk : Hari Biasa Rp. 40.000,- dan di Hari Libur Rp. 55.000,-

47. KOLAM RENANG HAYAM WURUK

Image - hanifa nofika
Alamat : Jl. Hayam Wuruk, Kelurahan Sawonggaling, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Tiket Masuk : Rp. 17.000,-

48. KOLAM RENANG DIAN REGENCY

Image - budiono sukses
Alamat : Jl. Sukolilo Kasih II No. 11, Kelurahan Keputih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Tiket Masuk : Rp. 15.000,- (Hari senin tutup)

49. KOLAM RENANG MANYAR

Image - ferry kurniawan
Alamat : Jl. Manyar Tirtoyoso No. 6-8, Kelurahan Klampis Ngasem, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Tiket Masuk : Rp. 50.000,- di hari libur dan Rp. 40.000,- di hari biasa.

50. ROYAL CLUB HOUSE SURABAYA

Image - rizky plur
Alamat : Jl. Royal Babatan VII No. 25, Kelurahan Babatan, Kecamatan Wiyungan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Tiket Masuk : Rp. 40.000,-

51. KOLAM RENANG PRIMAVERA

Image - doe je verhaal
Alamat : Jl. Raya Menganti No. 88, Kelurahan Kedurus, Kecamatan Karang Pilang, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Tiket Masuk : Rp. 20.000,- di hari biasa dan Rp. 22.000,- di hari libur atau akhir pekan.

52. KEBUN HIDROPONIK SURABAYA

Kebun sayur berjenis hidroponik yang terletak di Kelurahan Ketintang ini merupakan salah satu resort makanan dan minuman sehat karena terbuat dari bahan dasar sayuran segar serta sekaligus Penyediaan bibit dan perlengkapan hidroponik.

Keseruan yang bisa anda lakukan di kebun sayur Surabaya ini antara lain mengitari perkebunan dengan aroma berbagai tanaman sayuran jenis umum maupun tanaman langka dan pastinya akan mengundang ragam sudut view foto menarik yang instagramable saat liburan.

Selain itu, bagi anda yang kepengen belajar tentang ilmu bercocok tanam hidroponik, pihak pengelola juga menyediakan pelatihan khusus atau workshop dengan biaya tertentu. namun untuk sekedar berkunjung melihat perkebunan, wisatawan tidak di pungut biaya masuk.

Untuk info mengenai harga pelatihan, harga bibit dan juga makanan. bisa anda akses melalui situs resminya kebunsayursurabaya.com
Image - Kebunsayur Surabaya
Alamat : Jl. Gayung Kebonsari No. XI - 15, Kelurahan Ketintang, Kecamatan Gayungan, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

53. WISATA TAMAN MAYANGKARA

Selain taman Bungkul, di Kawasan kecamatan Wonokromo juga terdapat sebuah RTH taman kota lain, yaitu Taman Mayangkara yang bisa menjadi jujukan mencari keseruan bersama keluarga.

Terletak tak jauh dari taman Bungkul karena masih satu kelurahan serta mudah di akses dengan kendaraan pribadi, membuat taman Mayangkara Surabaya ini menjadi tempat favorit berwisata di Surabaya. selain nuansa adem karena rindangnya pepohonan hijau, para pengunjung juga bisa memanfaatkan monumen yang berada di tengah taman sebagai background latar berfoto.
Instagram by @mumun96
Alamat : Jl. Taman Mayangkara, Kelurahan Darmo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

54. TAMAN JEMBATAN UJUNG GALUH

Ruang terbuka hijau yang satu ini terletak tepat di sebelah aliran sungai serta jembatan penghubung, meskipun taman kota ini tidak terlalu luas, tetapi bentuk ukurannya memanjang di samping sungai, sehingga nuansa sejuk bakal terasa di sepanjang jalanan taman Ujung Galuh.

Nuansa liburan di taman Ujung Galuh adalah alternatif jika anda lagi di Daerah Wonokromo, seperti yang kita tahu sendiri, Surabaya bisa dikatakan kota yang sangat padat dari aktivitas jalanan yang berdampak pada kemacetan, sehingga untuk mencapai ke sebuah titik daerah tertentu kadang seseorang butuh waktu lama, untuk itu tak ada salahnya jika anda berada di Kecamatan Wonokromo dan butuh nuansa sejuk tetapi males keluar jauh, anda bisa memanfaatkan kesejukan Taman Ujung Galuh ini.
Instagram by @mumun96
Alamat : Jl. Ngangel, Kelurahan Ngangel, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

55. TAMAN MENGGAPAI CAKRAWALA

Merupakan sebuah taman yang terletak di di perumahan elite atau hunian kota yang dikenal dengan grand island dengan beberapa fasilitas megah seperti mall, universitas dan juga beberapa titik taman.

Namun yang pengen saya rekomendasikan sebagai jujukan ialah Taman Menggapai Cakrawala. selain luas, taman ini memiliki sebuah patung tiga dimensi dengan penyangga atau sering disebut Sculpture.

Menariknya lagi, pengunjung bakal menjumpai banyak bunga jika beruntung waktu bermekaran di sekeliling taman dan bakal membuat nuansa wisata anda ke tempat ini lebih adem ayem dan cocok juga sebagai view pengambilan foto.

Untuk berkunjung ke taman Menggapai Cakrawala ini, wisatawan tidak akan di mintai biaya masuk atau mrmiliki akses gratis dengan harapan anda bisa menjaga kebersihan saat berkunjung.
Image - usil banget
Alamat : Jl. Laguna Raya KJW Putih Barat Blok L5 No. 01, Kelurahan Kejawaan Putih Tambak, Kecamatan Mulyorejo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

56. TAMAN GANTUNG (TUNJUNGAN PLAZA)

Salah satu jembatang penghubung di atas jalan raya yang di poles oleh pihak pengelola Tunjungan Plasa Surabaya dengan desain beberapa tanaman bunga sehingga menarik buat disambangi ketika berada di Surabaya.
Image - sportourism.id
Alamat : Jl. Tunjungan No. 3-9, Kelurahan Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Tiket Masuk : Akses Gratis bagi setiap pengunjung.

Nah, Itulah deretan objek wisata menarik yang ada di Kota Pahlawan Surabaya Jawa Timur terbaru tahun 2019 yang murah meriah dan mewah. sebetulnya selain daftar tempat wisata di atas, Surabaya juga masih memiliki sudut spot menarik seperti beberapa kawasan kota yang di penuhi pohon bunga tabebuya yang wujudnya mirip bunga sakura di Negara Jepang, namun bunga tabebuya yang bertebaran di Surabaya hanya akan mekar di musim penghujan antara bulan Desember hingga Juli saja.

Selain itu, Surabaya juga dikenal menjadi sentral pusat perbelanjaan modern yang cocok buat melancong setelah liburan dengan konsep perbelanjaan seperti JMP, Galaxy Mall, Grand City Mall, Ciputra World Mall, WTC Mall dan masih banyak lagi.

Jalan - jalan di Surabaya merupakan sebuah wisata sejarah yang perlu Rakyat Indonesia coba, karena selain menikmati beberapa wahana wisata unik dan seru, para wisatawan juga secara tidak langsung di bawa ke sebuah cerita edukasi sejarah panjang negara, dan ungkapan cerita tersebut bisa anda tangkap dari banyaknya bangunan cagar budaya.

Terimakasih sudah berkunjung, semoga apa yang saya tulis diatas dapat menjadi bahan analisa saat berencana berwisata di Kota Surabaya. sekian dan sampai jumpa.

#WisataSurabayaTerbaru

Komentar