Langsung ke konten utama

20 Tempat Wisata di Batu Malang Terbaru & Paling Hits 2019

Liburan di Batu Malang? Yuk, intip 20 rekomendasi tempat wisata terpopuler Kota Batu yang seru, romantis, mewah dan murah tahun 2019. bakal banyak wisata spot foto, edukasi dan waterpark yang buat liburan anda bersama keluarga atau pasangan terasa menyenangkan.

Batu, Kota yang berinduk di Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur ini merupakan salah satu Kota Wisata tebesar di Indonesia yang terletak di dataran tinggi berbukit sehingga Wilayahnya memiliki hawa sejuk yang menyegarkan.

Disamping itu, Wilayah Kota Batu juga memiliki banyak pesona alam menyenangkan seperti air terjun, perkebunan dan perbukitan hutan pinus yang luas. oleh karena itu, banyak program pengembangan pariwisata yang sengaja di bangun di Wilayah Kota Batu.

Disisi lain, beberapa objek wisata yang ditawarkan oleh Kota Batu Malang memiliki banyak kategori, sehingga bisa dinikmati oleh segala usia mulai dari anak - anak hingga orang dewasa.

Salah satunya objek rekreasi pengembangan Jatim Park Group yang menawarkan liburan keluarga edukasi, dan juga banyak wana wisata alam yang menawarkan nuansa romantis rasa petualangan menantang bagi kalangan remaja,

Sehingga tak heran jika banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang menentukan Kota Batu sebagai tujuan favorit berlibur bersama keluarga.

Baca Juga : Review 69 Tempat Wisata di Kabupaten Malang Terbaru

Langsung saja bagi kamu yang penasaran dengan pesona keseruan di Kota Batu, berikut dibawah ini merupakan ulasan daftar tempat wisata di Batu Malang terbaru tahun 2019 berserta harga tiket masuknya.

1. WISATA SPOT THE ONSEN SONGGORITI

Meski The Onsen dikenal dengan sebuah hotel dan resort, namun banyak orang yang sengaja berkunjung ke tempat ini untuk menikmati nuansa taman berdesain negara sakura Jepang.

Selain para penginap hotel, banyak juga pengunjung kalangan umum yang sengaja datang untuk menikmati keseruan di Onsen Resort untuk berburu view spot di area taman yang instagramable ini.

Apalagi pihak pengelola juga memfasilitasi dengan penyewaan baju kimono ala negeri sakura, sehingga pengunjung lebih merasakan keseruan yang menyenangkan saat berlibur di tempat ini.
Instagram by @iecienhong
Alamat : Jl. Arumdalu No. 98, Desa Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur.
Tiket Masuk : Rp. 50.000,- dan gratis diatas jam 17.00 sore hari menjelang malam. 

Catatan, untuk harga tiket masuk tersebut, 80% merupakan voucher makanan di resort area The Onsen yang bisa anda tukar dengan cara mengakumulasikan sesuai harga menu makanan.

Baca Juga : 39 Tempat Wisata di Kediri Terbaru Yang Seru

2. BATU FLOWER GARDEN

Salah satu objek taman pengembangan dari wisata alam Coban Rais yang terletak di area perbukitan hutan. berbagai macam keseruan berfoto di kawasan taman bisa anda nikmati, diataranya rumah hobbit, gardu pandang dan lain - lain. selain itu terdapat pula wahana permainan seru seperti flying bike, ayunan, hammock dengan tiket terusan rata - rata Rp. 10.000,-.

Jika pengen menikmati liburan di kawasan alami yang rindang pepohonan, anda juga bisa berkunjung di area hutan pinus perhutani yang berada dalam satu kawasan wisata Batu Flower Garden dengan tiket terusan Rp. 10.000,-
Instagram by @rafsanjani1990
Alamat : Dusun Dresel, Desa Oro - Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur.
Tiket Masuk : Rp. 25.000,-

3. WISATA COBAN PUTRI KOTA BATU

Instagram by @virlyacitradewi
Alamat : Desa Oro -Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur.
Tiket Masuk : Rp. 10.000,-

HTM tersebut mencakup kawasan wana spot fotonya saja, plus gratis wahana spot foto,

Kemudian untuk mengunjungi air tejun coban putri, maka pengunjung akan dikenakan biaya Rp. 10.000,- lagi, atau hanya memilih satu lokasi wisatanya aja.

4. WISATA GOA PINUS BATU MALANG

Instagram by @imjo9874
Alamat : Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur.
Tiket Masuk : Rp. 15.000,-

Kemudian untuk menikmati beberapa wahana spot foto, wisatawan akan dikenakan biaya kisaran Rp. 5.000,- per wahana.

5. KUSUMA WATERPARK & AGROWISATA

Menyinggahi objek liburan petik buah di Kota Batu yang di balut dengan sebuah waterpark, tentunya bakal membuat liburan anda bersama anak atau keluarga terasa penuh sensasi yang menyenangkan.

Berbagai macam jenis buah yang di tawarkan pada wisata petik buah di Kusuma Agrowisata diantaranya, Apel, Strawberry, buah naga, jambu dan berbagai jenis sayuran yang berada di kawasan agrowisata bakal mengundang nuansa sejuk alami dan membuat fikiran adem ayem.

Tak di ragukan lagi, jika Kusuma Agrowisata merupakan objek paling di gemari banyak wisatawan, bahkan banyak juga acara study tour rombongan bus besar yang menjadikan objek Kusuma Agrowisata Batu sebagai tujuan favorit atau lokasi yang paling di utamakan.
Instagram by @neymiamori
Alamat : Jl. Abdul Gani Atas No. 09, Desa Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur.
Tiket Masuk : umumnya jenis tiket yang digemari adalah Rp. 40.000,- plus bonus petik satu macam jenis buah di kebun agrowisata.

Catatan, untuk berlibur di area waterpark saja, pengunjung hanya di bebankan biaya Rp. 25.000,-. selain itu, pihak pengelola juga memiliki berbagai macam jenis paket tiket berlibur di wisata petik buah dan waterpark ini yang harganya antara Rp. 25.000,- sampai dengan Rp.75.000,-

Harga paket tersebut mengacu pada jenis buah yang anda minati, tentunya semakin langka buah tersebut maka akan semakin mahal harga paketnya.

6. TAMAN REKREASI SELECTA BATU MALANG

Selain Kota Surabaya, Kota Batu juga pernah memiliki sebuah sejarah akan jejak peninggalan bangsa sekutu Belanda berupa Villa cottage atau peristirahatan pimpinan bangsa Belanda.

Taman Selecta namanya, dan seiring perkembangan jaman, tempat ini mulai di pugar sebagai taman rekreasi berbalut bunga serta wahana perahu dayung, sepedah gantung, seluncur air serta tempat pemutaran film.

Hal tersebutlah yang menjadi daya tarik tersendiri, sehingga Taman Selecta selalu ramai pengunjung dari Kota Batu Malang maupun luar Daerah.
Instagram by @tamanrekreasiselecta
Alamat : Jl. Raya Selecta No. 01, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu Malang, Provinsi Jawa Timur.
Tiket Masuk : Untuk hari biasa maupun akhir pekan tetap sama, yaitu Rp. 35.000,-

7. KEBUN BUNGA HERTENSIA CANGAR

Lagi pengen bahagiain pasangan atau sekedar berburu spot foto alam di Kota Batu Malang yang murah dan menawan. Kebun Bunga Cangar adalah jawabannya.
Instagram by @ronanfn
Alamat : Jl. Raya Sumber Brantas No. 278, Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur.
Tiket Masuk : Akses Gratis.

8. MUSEUM ANGKUT BATU MALANG

Salah satu wisata berkonsep pengenalan berbagai macam angkutan clasic model lama hingga model modern seluruh Dunia yang terletak di Kota Wisata Batu dan merupak tempat paling digemari kalangan remaja sebagai lokasi berburu view spot foto kekinian saat liburan.

Wisata museum angkut Kota Batu sendiri merupakan salah satu objek rekreasi bentukan Jawa Timur Park Group pada tahun 2014 yang menempati lahan lebih dari 3 hektare dan merupakan tempat liburan spot foto instagramable terbesar di Indonesia yang bertema tentang edukasi kendaraan unik.

Untuk jam operasional Museum Angkut di Batu Malang yakni mulai pukul 12.00 Wib siang hingga tutup jam 20.00 Wib malam.
Instagram by @sriwahyuni_8910
Alamat : Jl. Terusan Sultan Agung No. 02, Desa Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur.
Tiket Masuk : Rp. 100.000,- merupakan tiket berjenis reguler.

Catatan, bagi pengunjung yang membawa camera berjenis digital, maka akan dikenakan biaya tambahan Rp. 30.000,-. namun untuk anda yang hanya berkeinginan berfoto membawa kamera Handphone, pihak pengelola tidak akan meminta biaya tiket kamera.

9. BATU NIGHT SPECTACULAR (BNS)

Selain Museum Angkut, Batu Night Spectacular juga merupakan objek wisata yang ada di bawah pengelolaan Jawa Timur Park Group,

BNS sendiri, konsepnya hampir sama seperti Suroboyo Carnival atau Malang Night Paradise (MNP), yang mana beroperasi pada malam hari. 

Dengan wajah gemerlap lampu hias serta puluhan wahana menarik yang ditawarkan, rasa - rasanya objek liburan Batu Night Spectacular wajib masuk dalam catatan destinasi wisatamu saat bingung hunting keseruan malam hari di Kota Batu Malang bersama keluarga dan terlebih bersama pasangan.
Instagram by @thisia.halijam
Alamat : Jl. Hayam Wuruk No. 01, Desa Oro - Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur.
Tiket Masuk : Rp. 50.000,-

10. WISATA ECO GREEN PARK BATU MALANG

Objek rekreasi keluarga terbaru yaitu Eco Green Park atau salah satu pengembangan dari Jatim Park Group ini bakal menyuguhkan wisata penangkaran hewan yang bernuansa kehijauan. selain itu beberapa jenis permainan serta miniatur unik juga menjadi keseruan tersendiri menyambangi kawasan wisata Eco Green.

Eco Green Park sendiri konsepnya hampir sama seperti Batu Secret Zoo, dan kedua objek ini juga terletak bersebelahan, namun tiket atau lokasinya terpisah,

Di kawasan Eco Green Park, kebanyakan lebih di dominasi hewan jinak atau berupa unggas serta memiliki banyak miniatur spot foto menarik, salah satunya yang lagi ngehits ialah rumah terbalik.

Keseruan lain ialah menyambangi beberapa wahana menyenangkan lain, seperti Rumah Hidrophonik, Jungle Adventure, Taman Biogas, Bird Gallery dan lain - lain, yang total keseluruhan lebih dari 40 wahana atau atraksi seru yang bisa kamu nikmati bersama keluarga khususnya bersama anak - anak.
Instagram by @angelaapm
Alamat : Jl. Oro - Oro Ombo No. 9A, Desa Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu Malang, Provinsi Jawa Timur.
Tiket Masuk : Jenis Reguler Rp. 90.000,- di hari biasa dan Rp. 120.000,- di hari libur.

11. WISATA JATIM PARK 1 DI BATU

Instagram by @elisciaa_
Alamat : Jl. Kartika No. 02, Desa Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur.
Tiket Masuk : Jenis Reguler Rp. 70.000,- di hari biasa dan Rp. 100.000,- di hari libur atau akhir pekan.

12. JATIM PARK 2 BATU MALANG

Instagram by @zaljohan
Alamat : Jl. Raya Oro - Oro Ombo No. 09, Desa Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur.
Tiket Masuk : Rp. 90.000,- di hari biasa dan Rp. 120.000,- di hari libur, tiket tersebut mencakup objek wisata Batu Secret Zoo dan Museum Satwa.

13. DINO PARK JATIM PARK 3

Objek wisata Jatim Park 3 merupakan pengembangan dari Jatim Park Group terbaru dengan konsep menarik yang jarang di temui di tempat wisata lain.

Di Wisata Jatim Park 3 sebenarnya terdapat 3 jenis wahana yang tergolong besar yaitu, Dino Park, The Legend Star serta Museum Musik, namun untuk rekreasi keluarga, saya lebih merekomendasikan Dino Park karena memiliki keunggulan dari keseruan wahana tambahan maupun keunikan nuansa kawasan.

Didalam kawasan Dino Park, kamu bakal menjumpai banyak replika dari beberapa jenis donosaurus yang tersebar di beberapa titik lokasi taman maupun wahana.

Uniknya, beberapa replika dinosaurus tesebut dikembangkan dengan tehnologi tinggi dan di atur sedikit bergerak bagian kepalanya maupun bersuara seperti layaknya dino hidup. 

Dan yang pasti, saat liburan ke Dino Park Jatim Park 3, kamu bakal menjumpai banyak ragam spot foto kekinian yang instagramable dan sayang untuk dilewatkan.
Instagram by @lutphi1501
Alamat : Jl. Ir. Soekarno No. 112, Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Wisata Batu, Provinsi Jawa Timur.
Tiket Masuk : Jenis reguler di Dino Park ialah Rp. 100.000,-

14. PREDATOR FUN PARK DI BATU

Instagram by @malangjourney
Alamat : Jl. Raya Tlekung No. 215, Kelurahan Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur.
Tiket Masuk : Tipe Reguler yakni Rp. 37.500,- di hari biasa dan Rp. 50.000,- pada waktu hari libur.

15. TAMAN HUTAN KOTA BATU

Lagi nyari tempat seru berwajah hijau alam di Kota Wisata Batu? coba aja menengok keasrian Hutan Kota Batu ini. pastinya cocok buat rekreasi bersama keluarga yang murah dan mewah.
Instagram by @supperpipip
Alamat : Jl. Sultan Agung, Desa Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur.
Tiket Masuk : Gratis.

16. WISATA COBAN TALUN

Instagram by @dswulandari_
Alamat : Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu, Provinsi Jawa Timur.
Tiket Masuk : Rp. 10.000,-

17. DE KLEINE BATU MALANG

Instagram by @lidyaerdiana11
Alamat : Desa Jalibar, Kecamatan Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur.
Tiket Masuk : Akses gratis.

18. FIFTEEN CELCIUS SKY LOUNGE

Adalah salah satu cafe atau tempat nongkong hits di Kota Batu yang terletak di perbukitan serta dikelilingi kehijauan alam sehingga nuansa tempat ini terasa sejuk. 

Fifteen Celcius Sky Lounge sendiri merupakan cafe yang berada di kawasan hotel AmartaHills Kota Batu, meski begitu, tempat nongkrong ini di buka untuk umum.
Instagram by @bendottetapsemangat
Alamat : Jl. Abdul Gani Atas, Desa Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur.

19. BUMI KITIRAN KOTA WISATA BATU

Instagram by @wawan.rde
Alamat : Kelurahan Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur.
Tiket Masuk : Rp. 10.000,- di hari biasa, kemudian di waktu hari libur Rp. 15.000,-

20. TAMAN LANGIT GUNUNG BANYAK

Taman wisata alam yang terkenal dengan sebutan puncak batu ini bakal menyuguhkan beberapa jenis objek liburan yang menyenangkan di antaranya menyambangi permainan paralayang, omah kayu serta rest area wisata kuliner di atas puncak. sehingga kawasan wisata puncak ini tebilang seru karena selain berswa foto, wisatawan juga bisa menguji adrenaline di permainan paralayang.
Instagram by @likinjay
Alamat : Jl. Gunung Banyak, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur.
Tiket Masuk : Rp. 10.000,-

Catatan, jika anda berencana menikmati liburan di area paralayang atau omah kayu, maka anda akan dikenakan tarif tiket terusan masing - masing senilai Rp. 10.000,-. kemudian bagi anda yang membawa kendaraan, terdapat juga fasilitas pendukung area parkir yang mumpuni dengan biaya Rp. 5.000,- per motor dan Rp. 10.000,- permobil.

Itulah deretan rekomendasi tempat - tempat wisata di Kota Batu Malang yang seru dan menarik dikunjungi tahun 2019 saat anda menentukan Batu Malang sebagai lokasi tujuan berwisata bersama keluarga.

Sekian, semoga postingan diatas dapat menjadi analisa rencana liburan, terimakasih dan sampai jumpa.

Komentar