Langsung ke konten utama

Air Terjun Nglirip Tuban, Review dan Tiket Masuk Terbaru 2019

Salah satu objek wisata alam di Tuban yang sedang hits diperbincangkan banyak wisatawan ialah air terjun putri nglirip. buat kamu pecinta alam khususnya air terjun, putri nglirip adalah salah satu rekomendasi yang wajib anda coba.

Buat kamu yang penasaran dengan air terjun nglirip, ulasan artikel ini mungkin bisa menjadi bahan analisa berlibur, karena pada postingan kali ini akan saya ulas beberapa keseruan wahana, lokasi, fasilitas dan tiket masuk terbaru 2019.

Sebelum beranjak ke pokok inti, saya pengen menjabarkan sedikit tentang air terjun nglirip di Kabupaten Tuban ini.

Yang mana merupakan salah satu dari beberapa air terjun di Kecamatan Singgahan yang menawarkan rupa yang sedap di pandang mata.

Bentuk air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 25 meter, lebar sekitar 15 meter dan tingkat kedalaman kurang lebih 15 meter serta dikelilingi banyak pepohonan lebat, sehingga terkesan memiliki nuansa rindang dan sejuk.
Instagram by @rizki_firman_a
Dengan bertebaran beberapa tempat selfie kekinian atau spot foto instagramable serta akses yang terbilang cukup mudah, air terjun nglirip Tuban bisa menjadi salah satu destinasi favorit saat kamu lagi boring atau lagi nyari hunting lokasi liburan di kawasan Tuban.

Menariknya, air tejun nglirip ini bukan hasil erosi pengunungan, namun sumber kiriman dari mata air karawak yang terletak di kawasan hutan lindung kawasan Desa Guwoterus yang merupakan wilayah datara tinggi, sehingga air terjun nglirip terbilang selalu memiliki sumber aliran yang deras dan bukan tegolong air terjun musiman aja.

Baca Juga : Review Pantai Kelapa Tuban, Wahana & Tiket Masuk Terbaru

Namun untuk musim kemarau, umumnya aliran air sedikit menurun, karena pada musim kemarau sumber mata air karawak banyak di manfaatkan sebagai pengairan sawah dan konsumsi penduduk.

Meski aliran air terbilang surut, namun tak membuat raut wajah waterfall nglirip ini muram atau kering, bahkan justru lebih menawan karena terkesan jernih kebiruan.

Selain eksotisme rupa air terjun yang menawan, ternyata objek wisata alam ini menyimpan mitos yang menarik.

Baca Juga : Pantai Remen Tuban, Rute, Fasilitas & HTM Terbaru

Dimana menurut cerita para penduduk lokal, ada sebuah kisah pada jaman dahulu, salah seorang perempuan yang merasa sedih karena kekasihnya di bunuh orang tua kandungnya hanya gara - gara mencintai si perempuan tersebut.

Orang tua si laki - laki tersebut membunuh anaknya karena dianggap memalukan keluarga yang notabenya orang kaya raya dan sedangkan si perempuan dari keluarga kurang mampu.

Setelah di tinggal kekasihnya, lantas si perempuan memutuskan bersemedi di goa yang berada di tebing air terjun nglirip dan sampai sekarang, menurut cerita warga lokal, arwah si perempuan tersebut menjadi penunggu air terjun nglirip Tuban.
Instagram by @amir.ndomir
Namun meski begitu, objek wisata air terjun nglirip ini aman dan nyaman di kunjungi, asal para wisatawan tidak berbuat senonoh seperti bercumbu di kawasan air terjun. atau jika di langgar, bakal berakibat buruk pada jalinan asmara pasangan tersebut.

Terlepas dari hal mitos tersebut, pastinya kawasan wisata ini memiliki daya tarik tersendiri, diantaranya beberapa wahana dan fasilitas yang menjadi warna keseruan dan sayang untuk dilewatkan.

WAHANA DI AIR TERJUN NGLIRIP

  • Spot Foto
  • Gardu Pandang
  • Permainan Tubing atau rafting dengan biaya Rp. 10.000,- per orang.

TIKET MASUK AIR TERJUN NGLIRIP

Untuk HTM nya sendiri terbilang murah meriah, yakni hanya Rp. 5.000,- bagi orang dewasa dan Rp. 2.000,- bagi anak - anak.

Catatan : air terjun nglirip ini memiliki dua lokasi loket wisata, yakni di bagian kan dan kiri air terjun yang terpisah oleh jembatan penyeberangan. jadi jika kamu pengen menyeberangi jembatan, maka akan di pungut biaya masuk Rp. 5.000,- lagi.

Keseruan jika masuk dari loket kanan air terjun, kamu bakal menemukan beberapa wahana spot foto kece buat berfoto.

Kemudian jika masuk di sudut kiri air terjun, kamu bakal menemukan salah satu gardu pandang tinggi yang cocok buat melihat air terjun nglirip dari ketinggian secara utuh. Jadi usahakan tentuin sudut lokasi loket yang pas sesuai selera. untuk meminimalisir biaya berlibur.

ALAMAT ATAU LOKASI AIR TERJUN NGLIRIP

Air terjun nglirip terletak di Pendukuhan Jojogan, Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur.

Untuk akses lokasi terbilang mudah berupa beraspal, karena beberapa program pembenahan jalan telah di perbaiki oleh Pemkab Tuban demi kelancaran para wisatawan saat berlibur ke air terjun putri nglirip Tuban.

FASILITAS DI AIR TERJUN NGLIRIP

  • Area Parkir yang mumpuni dan terletak tak jauh dari kawasan wisata, dengan biaya Rp. 3.000,- permotor, Rp. 5.000,- untuk mobil dan Rp. 10.000,- bagi kendaraan berjenis bus.
  • Kantin
  • Toilet
  • Musholla

Mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan kali ini tentang info keseruan objek wisata air terjun nglirip di Tuban.

Terimakasih, semoga rencana berlibur kamu lancar dan terasa penuh sensasi yang menyenangkan.

Komentar