Langsung ke konten utama

Kalinampu Natural Park Pundong Bantul yang sedang Hits

Destinasi wisata kalinampu, pundung, Bantul. Kali ini bantul kembali viral dengan kehadiran destinasi wisata baru yang sedang viral. Destinasi wisata ini berawal dari fenomena bunga eceng gondok yang tumbuh bermekaran di sepanjang tepian sungai opak. Tumbuhan eceng gondok sebenarnya merupakan gulma yang setiap tahun tumbuh dan keberadaannya sering kali disingkirkan karena mengganggu ekosistem air.



Destinasi wisata ini disebut Kalinampu Natural Park. Bunga eceng gondok tersebut sebenarnya setiap tahun tumbuh tetapi tidak selalu berbunga. Kebetulan tahun ini berbunga baru seminggu, kemudian dari warga dikelola untuk dijadikan tempat wisata. Warga sekitar mengelola kalinampu natural park secara swadaya. Tempat ini dikelola oleh pemuda setempat.

Foto by : @lisasft


Destinasi wisata ini merupakan destinasi wisata musiman karena hanya ada saat bunga eceng gondok bermekaran saja. Walaupun hanya musiman tapi tempat ini dikelola dengan baik dengan konsep ala jepang dengan background tepi sungai opak. Dengan konsep ini diharapkan dapat menjadi daya tarik untuk para wisatawan.

Lokasi Kalinampu Natural Park

Kalinampu Natural Park berada di dusun kalinampu, seloharjo, pundung, bantul. 

Retribusi Masuk Kalinampu Natural Park

Untuk biaya retribusi masuk tempat ini hanya sebesar 5.000 rupiah untuk tiket masuk dengan menggunakan kendaraan roda dua. Sedangkan untuk tiket masuk menggunakan roda empat hanya membayar sebesar 10.000 rupiah saja.

Fasilitas Kalinampu Natural Park

Untuk fasilitas yang ditawarkan ditempat ini yaitu disediakan properti seperti kipas, payung, dan kimono. Untuk biaya sewa kipas dan payung hanya membayar seiklasnya sedangkan untuk kimono hanya membayar 25.000 rupiah saja.

Komentar