Langsung ke konten utama

Keindahan Gunung Telomoyo yang menajubkan

Keindahan Gunung Telomoyo yang berada di wilayah Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang sangat menarik untuk dikunjungi.  Untuk para pengunjung yang penasaran mau naik menuju Gunung Telomoyo bisa naik sepeda motor. Untuk mencapai puncak telah tersedia infrastruktur jalan aspal dari kaki hingga puncak Gunung Telomoyo yang bisa dilalui sepeda motor. 



Gunung Telomoyo memiliki ketinggian 1894 Mdpl, lebih tinggi sedikit dari Gunung Andong yang memiliki ketinggian 1726 Mdpl. Gunung Telomoyo menawarkan pemandangan yang sangat indah. Dari puncak Telomoyo kita bisa melihat deretan gunung tinggi lainnya seperti Gunung Lawu, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan Gunung Prau. Selain kita juga dapat melihat luasnya danau Rawa Pening.



Jika berniat berburu matahari terbit atau terbenam, siapkan jaket karena udara akan terasa dingin. Ketinggian Gunung Telomoyo memang di bawah 2.000 mdpl, tetapi letaknya di sekitar pegunungan dan Gunung Merbabu membuat udara dingin khas gunung sangat terasa. Meski demikian, pesona sunset dan sunrise hanya akan bisa disaksikan ketika cuaca cerah saja. Jika berkabut atau mendung, maka pemandangan ke segala arah akan terhalang. Biasanya cuaca cerah kemungkinan lebih besar bisa didapatkan pada pagi hari.



Gunung Telomoyo berada di antara Gunung Merbabu, Ungaran dan Andong, merupakan gunung api berbentuk stratao (kerucut), tapi sejauh ini belum pernah meletus. Untuk bisa sampai di puncak Gunung Telomoyo menggunakan motor kita hanya membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit saja, tapi apabila kamu berjalan bisa memakan waktu sekitar 2 jam, puncak Telomoyo ditandai dengan adanya stasiun Telkom dan landasan paralayang.

Fasilitas yang ditawarkan

Terdapat spot foto yang populer di gunung telomoyo yaitu Landasan paralayang. Landasan  inilah yang menjadi spot foto paling populer dan favorit di Gunung Telomoyo, selain itu selama perjalan kita juga akan menemukan air terjun mini tapi aliran air di air terjun tersebut tidaklah deras

Lokasi Gunung Telomoyo

Rute ke puncak gunung dengan mengendarai motor bisa dicapai dari Area Parkir Wisata G. Telomoyo yang ada di Kecamatan Ngablak, Magelang. Gerbang masuk menuju Telomoyo berada di Dusun Dalangan, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.

Komentar