Langsung ke konten utama

Pantai Cijeruk Garut yang masih perawan

Garut, cukup terkenal dengan wisata curugnya. Namun jntuk kali ini akan membahas mengenai pantai. Ada beberapa pantai yang amat terkenal namun ada juga pantai yang jarang bahkan sama sekali tidak pernah terdengar. Kali ini akan membahas mengenai pantai yang cukup menarik yaitu pantai Cijeruk. Pantai ini dijuluki sebagai pantai yang masih perawan. Hal ini disebabkan karena pantai ini berada di pedalaman dan jarang terekspos oleh media. Bahkan masyarakat Garut hanya sebagian saja yang baru mengetahui keberadaan pantai ini.



Pantai cijeruk merupakan pantai yang masih asri dan belum terjamah oleh masyarakat umum. Keberadaannya yang jauh dari kota menyebabkan pantai ini masih sangat terjaga kelestariannya. Pantai cijeruk menawarkan suasana yang masih asri dan alami bagaikan surga tersembunyi. Selain itu pantai ini memiliki air yang jernih serta pasir yang halus dengan dikelilingi oleh perbukitan. Tak hanya itu, dengan ombak yang tenang pengunjung bisa bermain air di pantai serta dapat berkemah di pinggiran pantai dengan tenang. Disini juga terdapat banyak spot memancing sehingga tidak akan merasa bosan saat berkunjung ketempat ini.



Lokasi Pantai Cijeruk

Pantai Cijeruk berada di desa Sagara, kecamatan Pameungpeuk, kabupaten Garut. Walaupun pantai ini berlokasi di Garut, namun sebenarnya lokasi pantai ini lebih dekat dari Tasikmalaya.


Akses Menuju Pantai Cijeruk

Bagi pengunjung yang datang dari arah kota Garut, pengunjung dapat melewati jalan Raya Garut – Cikajang, kemudian lurus ke selatan sampai menemukan jalan Cikajang yang dilanjutkan dengan jalan Amblas. Selanjutnya melewati Ciparay sampai menemukan jalan Raya Cisompet lurus terus ke selatan sampai pertigaan jalan Cigodeg. Dari pertigaan tersebut belok kiri menuju jalan Sirna Bakti.  Dari jalan sinar Bakti lurus ke timur melewati jalan Miramareu. Sampai menemukan sebuah gardu yang mengarahkan ke pantai Cijeruk.
Sedangkan bagi pengunjung yabg datang dari arah Tasikmalaya, dapat melewati jalan Perintis Kemerdekaan lurus ke selatan sampai jalan karangnunggal kemudian melewati jalan Syekh Abdul Muhyi, jalan  Raya Sukaraja, jalan Cibalong, sampai menemukan jalan raya Karangnunggal. Setelah itu melewati jalan Bantar Kalong lurus ke selatan sampai menemukan pertigaan pada jalan Raya Cipatujah kemudian belok kanan ke arah jalan Ciandum. Dari jalan Ciandum perjalanan dilanjutkan ke arah barat yakni melewati jalur Trans Jawa Barat. Hingga menemukan sebuah tanda jalan yang mengarahkan ke pantai Cijeruk

Biaya Retribusi Masuk Pantai Cijeruk

Untuk biaya retribusi masuk pantai cijeruk gratis atau tidak ada biaya retribusi. Pengunjung bisa masuk dengan bebas dengan syarat tidak boleh merusak atau mencemari pantai. Akan tetapi biasanya pengunjung akan dikenakan biaya parkir dengan tarif parkir standar untuk kendaraan, tergantung pada jenis kendaraan yang dibawa. Untuk jam operasional pantai Cijeruk, pengelola memberlakukan aturan membuka area pantai mulai dari jam 07.00 – 17.00 WIB.

Komentar