Langsung ke konten utama

Rumah Jomblo Banjarbaru Kalimantan Selatan Destinasi Wisata Milenial yang Unik

Rumah jomblo, Iya sebutan sebuah rumah yang berdiri sendirian diatas gundukan tanah sebuah bukit. Sebenarnya rumah ini tidak ada spesialnya, hanya berupa rumah kayu sederhana layaknya rumah kayu sederhana pada umumnya. Namun yang membuat rumah ini terlihat berbeda karena berdiri sendiri diatas sebuah bukit yang berada di tengah area sebuah perumahan sehingga bangunan ini terlihat cukup kontras dibandingkan bangunan disekitarnya.


foto by: images sources

Baca juga: Pesona Gunung Bagus Paliyan Gunung kidul yang sedang viral

Sebenarnya rumah ini tidak bernama sebelumnya, karena berdiri sendiri diatas bukit maka para pemuda sekitar daerah ini menjulukinya sebagai rumah jomblo. Karena keunikan rumah tersebut serta nama yang menarik orang untuk penasaran datang ke tempat ini. Walaupun hanya sebuah rumah yang ada diatas bukit namun tempat ini memiliki latar belakang yang bagus untuk berfoto -foto. Banyak wisatawan yang datang untuk saling berlomba -lomba mendapatkan view yang bagus untuk foto mereka.

Rumah jomblo ini dulunya merupakan rumah yang dibangun untuk tempat istirahat para tukang yang menggali tanah sekitar untuk perumahan. Rumah ini dibangun sekitar tahun 2008 dan sebenarnya rumah jomblo ini sudah sempat hancur karena tersapu angin puting beliung. Para warga setempat merasa kecewa dan kehilangan namun untungnya rumah jomblo dibangun kembali tidak lama setelah itu. Rumah jomblo dibangun kembali dengan mempertahankan kemiripan dengan rumah yang sudah hancur namun dengan menggunakan material kayu yang lebih kokoh.

Foto by: images sources


Dulunya rumah jomblo ini tidak memiliki tangga untuk dapat naik namun saat ini terdapat dua tangga di sisi tebing untuk dapat naik ke bangunannya. Tempat ini banyak dikunjungi pada saat hari libur ataupun tanggal merah. Kebanyakan yang datang kesini hanya untuk berfoto - foto dan penasaran mengenai bangunan tersebut.

Lokasi Rumah Jomblo Banjarbaru

Rumah jomblo berada di Jalan raya Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Lokasi tepatnya berada di belakang komplek perumahan Perum Graha Praja Idaman.

Retribusi Masuk Destinasi Ruah Jomblo

Untuk masuk ke tempat ini tidak dipungut biaya sepeserpun dikarenakan tempat ini merupakan lahan luas. Untuk anda yang penasaran dengan tempat ini silahkan mencoba mendatangi. Disarankan agar tidak datang sendirian karena akan susah saat akan berfoto- foto fikarenakan posisi rumah cukup tinggi dan pengambilan foto harus sedikit lebih jauh dari rumah jomblo. Selamat mencoba

Komentar