Langsung ke konten utama

Taman Nasional Baluran Banyuwangi Destinasi Wisata Afrika Van Java

Banyuwangi, merupakan wilayah Jawa timur paling ujung yang wajib dikunjungi untuk jadi tujuan wisata. Merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib anda kunjungi dikarenakan memiliki pesona yang sangat indah. Selain dijuluki sebagai sunrise van java, ada salah satu wilayah yang dijuluki sebagai afrika van java. Destinasi wisata yang satu ini berada di Taman nasional baluran.
Jadi untuk kalian yang ingin merasakan liburan bak di benua afrika tidak perlu jauh-jauh cukup datang ke taman nasional baluran. Hal ini dikarenakan keindahan alam yang ada di taman nasional baluran ini memiliki panorama alam seperti di benua afrika. 




Taman nasional baluran memiliki luas kurang lebih 25.000 hektar. Banyak destinasi wisata yang disuguhkan di taman nasional ini. Tidak hanya menikmati keindahan alam namun juga pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan satwa liar yang ada ditempat ini. Jadi seringkali hewan - hewan yang datang dan datang menyeberang. Disini pengunjung dapat berkenalan dengan hewan -hewan seperti banteng, kerbau, rusa, serta kera berekor panjang. Selain itu juga pengunjung disuguhi pemandangan padang rumput yang sangat luas.

foto by : images sources


Ada beberapa keindahan alam yang dapat dinikmati oleh pengunjung jika mengunjungi tempat ini. Pertama adalah hutan musim, yaitu hutan yang menyambut kedatangan para pengunjung setelah melewati pos penjagaan. Hutan musim merupakan hutan yang dapat berubah-ubah sesuai musimnya. Jika saat musim penghujan maka akan disuguhi hijaunya pepohonan sedangkan saat kemarau akan terasa gersang dan terlihat kecoklatan. 

Selanjutnya yaitu hutan evergreen yaitu hutan abadi yang selalu subur. Hal ini dikarenakan tanah hutan ini cukup subur serta terdapat aliran sungai yang berfungsi sebagai aliran cadangan air untuk tumbuhan. Kawasan hutan ini terbilang kawasan hijau tidak seperti hutan musim. 

foto by : images sources


Setelah melewati hutan musim dan hutan evergreen selanjutnya pengunjung akan disuguhi oleh pemandangan savana yang disebut savana bekol atau little afrika. Savana bekol memiliki luas sekitar 10.000 hektar. Di savana bekol pengunjung disuguhi pemandangan padang rumput yang luas serta pemandangan gunung.

foto by : images sources


Selain menikmati keindahan hutan dan savana, pengunjung juga dapat menikmati keindahan pantai bama yang masih masuk dalam kawasan taman nasional baluran. Pantai ini masih sangat sepi dan tenang dengan birunya air laut dan pasir putih. Ombak di panai ini juga tidak terlalu kencang sehingga pengunjung aman untuk bermain air atau mandi.

Lokasi Taman Nasional Baluran

Taman nasional baluran berada di desa Wonorejo, kecamatan banyu putih, kabupaten banyuwangi, Jawa timur. Kawasan ini merupakan kawasan yang berada di perbatasan anatar situbonda dan banyuwangi.

Akses Menuju Taman Nasional Baluran

Untuk akses menuju ke tempat ini terbilang cukup mudah. Pengunjung hanya perlu mengikuti jalur Situbondo - Banyuwangi. Selain itu pengunjung juga bisa menggunakan bus dari terminal Banyuwangi menuju arah situbondo kemudian turun di depan Taman Nasional Baluran.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Baluran

Untuk biaya retribusi masuk Taman nasional Baluran terbilang cukup murah. Untuk weekday hanya sebesar 15.000 rupiah bagi wisatawan lokal sedangkan 150.000 rupiah untuk wisatawan asing. Untuk weekend sebesar 17.500 rupiah untuk wisatawan lokal dan 225.000 untuk wisatawan mancanegara.

Komentar